Pengembangan Perangkat Pembelajaran Akuntansi Dagang Terapan Berbasis Sertifikasi Teknisi Akuntansi Yunior dengan Model Gall dan Borg

Jenni Tesya Nathanya Rajagukguk, Aliyah Faiza, Viera Juniarti, Tasya Oktaviani, Citra Dewi, Riyadi Aprayuda, Winanda Wahana Warga Dalam

Abstract


Penelitian ini didorong adanya perubahan skema soal Sertifikasi Teknisi Akuntansi Yunior yang dikeluarkan BNSP. Secara khusus, penelitian Research and Development ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan bahan ajar berupa modul terbaru menggunakan model Borg dan Gall (1983) dengan 7 tahapan yang telah dimodifikasi beserta video pembelajaran sebagai penunjang. Studi ini menggunakan data penelitian yang melibatkan 38 mahasiswa sebagai partisipan, yaitu kelas Akuntansi Manajerial yang dikumpulkan berdasarkan metode purposive sampling. Penelitian ini melakukan uji validitas menggunakan instrument evaluasi modul dan metode eksperimen kuasi dengan membandingkan dua grup untuk melihat tingkat pemahaman partisipan setelah tersedianya bahan ajar. Data dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengerjakan modul terbaru yang disediakan memiliki tingkat pemahaman yang lebih baik daripada mahasiswa yang menyusun modul secara mandiri. Penelitian ini memberikan implikasi praktis untuk Pembelajaran Akuntansi Perdagangan Terapan dengan mengembangkan keefektifan metode pembelajaran, memperbarui referensi modul, dan memberikan pemahaman mahasiswa tentang pembelajaran Akuntansi Dagang Terapan.


Keywords


Bahan ajar; Akuntansi Dagang; Borg dan Gall; Eksperimen Kuasi; Pembaharuan Modul

References


Aprayuda, R., Misra, F., & Kartika, R. (2021). Does the order of information affect investors' investment decisions? Experimental investigation. Journal of Accounting and Investment, 22(1), 150-172.

Aprayuda, R., & Misra, F. (2020). Faktor yang mempengaruhi keinginan investasi investor muda di pasar modal Indonesia. E-Jurnal Akuntansi, 30(5), 1084-1098.

Agustini, K., & Gede Ngarti, J. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78.

Aiman, U., Amelia Ramadhaniyah Ahmad, R., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata (Vol. 1, Issue 1).

Arani, S., & Reza, M. (2017). Raising the quality of teaching through Kyouzai Kenkyuu – The Study of Teaching Materials. International Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 10–26. https://doi.org/10.1108/IJLLS-07-2016-0018

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Amalina, N. (2019). Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.2832

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction. Longman.

Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dengan Media Internet Dalam Pembelajaran Asam Basa di MAN Indrapuri. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 50–55. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10729

Dewey, J. (1913). Interest and Effort In Education. Houghton Mifflin.

Ekawijana, A., & Wisnuadhi, B. (2022). Implementasi Aplikasi Kepengaturan Dokumen Akreditasi Program Studi dengan Metode Borg and Gall. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 289–295. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.4015

Kismiati, D. A. (2020). Implementasi E-Modul Pengayaan Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 1–10.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1607

Onyango, W. P. (2014). Effects of Teaching and Learning Resources on Pre School Learners Transition to Class One: A Case Study of Rachuonyo South Sub County. Journal of Education and Practice, 5(34), 154–160. www.iiste.org

Paddery, Meriana, & Niarti, U. (2021). Penerapan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang pada Usaha Dagang Manto Curup. Jurnal Saintifik (Multi Science Journal), 19(3), 91–112. https://jurnal.faperta-unras.ac.id/index.php/JS/article/view/119

Pepin, B., Choppin, J., Ruthven, K., & Sinclair, N. (2017). Digital Curriculum Resources in Mathematics Education: Foundations for

Change. ZDM - Mathematics Education, 49(5), 645–661. https://doi.org/10.1007/s11858-017-0879-z

Prastowo, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.

Putri, R. S., & Wardoyo, C. (2017). The Development of Financial Accounting Learning Tools with Gall and Borg Model. Dinamika Pendidikan, 12(2), 86–97. https://doi.org/10.15294/dp.v12i2.13559

Qodyria, P. C., & Susanti. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Sebagai Bahan Pengamatan Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro Kelas XI Perbankan untuk SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(3), 520–524.

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik Penyusunan Modul.

Rohmaini, L., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176–186. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3649

Sasongko, C., Mubarakah, Q., Ningrum, A. S., Febriana, A., Hanum, A. N., Pratiwi, A. D., & Zuryati, V. (2018). Akuntansi Suatu Pengantar 1—Berbasis PSAK (2nd ed.). Salemba Empat.

Sofyan, R., Putra, D. G., & Aprayuda, R. (2020, November). Does the Information on the Internet Media Respond to the Stock Market?. In The fifth Padang international conference on economics education, economics, business and management, accounting and entrepreneurship (PICEEBA-5 2020) (pp. 510-520). Atlantis Press.

Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. Cognitive Science, 12(2), 257–285. https://doi.org/10.1207/s15516709cog1202_4

Wenno, I. H. (2010). Pengembangan Model Modul IPA Berbasis Problem Solving Method Berdasarkan Karakteristik Siswa Dalam Pembelajaran di SMP/MTs.

Wulansari, W. (2012). Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS. Journal of Accounting and Business Education, 1(1). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6013.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v6i3.16957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.