Kemampuan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis IFRS dengan Penerapan English for Spesific Purpose (ESP) pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Mikroskil

Andreani Caroline Barus, Anita Tarihoran, Hasan Damanik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan English for Spesific Purpose (ESP) dan kemampuan bahasa Inggris General dalam penyusunan laporan keuangan oleh mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Mikroskil. Jenis Penelitian merupakan penelitian lapangan yang  mengamati langsung obyek yang diteliti. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan model regresi linier berganda. Data yang digunakan berupa data primer yang berasal dari pengisian kuesioner dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman English for Spesific Purpose dan kemampuan Bahasa Inggris General berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penyusunan laporan keuangan berbasis International Financial Reporting (IFRS). 

Keywords


Akuntansi, Bahasa Inggris, ESP, IFRS, Laporan Keuangan.

References


Bobe, B., & Cooper, B. (2017). The Effect of Language Proficiency on Approaches to Learning anf Satisfaction of Undergraduate Accounting Students. RMIT Accounting Educators Conference 2016, Vol 28 No 2 149-171.

Fadly, Y. (2019). Performa Mahasiswa Akuntansi dalam Implementasi English For Spesific Purpose (ESP) di Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis & Publik, Vol.9 No.2, 190-201.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Perogram IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Melitz, J. (2016). English as a Global Languange, in The Palvarage Handbook of Economic and Language. London: Palgrave Macmillan.

Otilia, S., & Brancusi, C. (2015). Needs Analysis in English for Spesific Purpose. Anlele Universităţii Constantin Brâncuşi Din Târgu Jiu : Seria Economie, 54-55.

Rahman, M. (2015). English for Spesific Purpose (ESP): A Holistiv Review. Universal Journal of Educational Research, 3(1), 24-31.

Septiani, T. (2021). Implementasi ESP terhadap Performa Pembelajaran Mahasiswa. Journal of Accounting and Finance (JAFIN) Vol 1, 14-18.

Subramanyam, K. R. (2014). Financial Statement Analysis. New York: Mc Graw Hill Education.

Weygandt, J., Kimmel, P., & Kieso, D. (2015). Accounting Principles, Twelfth Edition. New Jersey: Wiley.

Ylientinah, D., Juwita, R., & Resdiana, W. (2020). Identifikasi Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris (Non Program Studi Bahasa Inggris) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Khusus/English For Spesific Purpose (ESP) di Program Studi D4 Akuntansi Keuangan Politeknik Pos Indonesia. Competitive Jurnal Akuntandi dan Keuangan, Vol 25 No 1, 1-12.

Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v6i3.17093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.