Analisis Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Ketintang Surabaya

Diana Putri, Dyah Silvian Retnosari

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil mata pelajaran Dasar Program Keahlia Akuntansi dan Keuangan Lembaga tahun ajaran 2022/2023 pada kelompok C2 yang terdiri dari mata pejaran Aplikasi Pengolah Angka (Spreadsheet) dan Etika Profesi Akuntansi di SMK Ketintang Surabaya. Penelitian ini menggunakan mixed method yang menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 50 peserta didik kelas X Jurusan Akuntantansi Keuangan Lembaga yang dipilih dengan teknik random sampling (acak) dari semua kelas X Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Ketintang Surabaya. Hasil penelitian analisis butir soal PAS Ganjil mata pelajaran Aplikasi Pengolah Angka (Spreadsheet) menunjukkan bahwa tingkat validitas berkisar 0,38, reliabilitas tinggi dengan nilai 0,62, tingkat kesukaran soal sedang, daya pembeda rendah, dan efektivitas pengecoh 55% yang berfungsi dengan baik. Sedangkan hasil penelitian analisis butir soal PAS Ganjil mata pelajaran Etika Profesi Akuntansi menunjukkan bahwa tingkat validitas berkisar 0,53, reliabilitas tinggi dengan nilai 0,70, tingkat kesukaran soal sedang, daya pembeda rendah, dan efektivitas pengecoh 25% yang berfungsi dengan baik.

Keywords


Kualitas Butir Soal, Program Anatest, Soal Evaluasi Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga

References


Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.

Ashraf, Z. A., & Jaseem, K. (2020). Classical and Modern Methods in Item Analysis of Test Tools. 7(May), 397–

Başol, G. (2013). Reflective Thinking Scale : A Validity and Reliability Study *. 13(2), 941–946.

Bungin, B. (2008). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Prenada Media Group.

Burud, I., Nagandla, K., & Agarwal, P. (2019). Impact of distractors in item analysis of multiple choice questions.

(4), 1136–1139.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Analisis Butir Soal.

Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program

Anates. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 58–74.

Kurniawan, W., Anwar, K., & Kurniawan, D. A. (2019). Effectiveness of Using E-Module and E-Assessment.

(9), 21–39.

Pontianak, M., Butir, A., Nur, V., Sari, I., Purwo, A., & Utomo, Y. (2022). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia. 11(2).

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Purwanti, M. (2014). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Akutansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(1), 81–94.

Rezigalla, A. A., Mohammed, A., Eleragi, E., Ishag, M., Mohammed, A., & Mohammed, A. (2020). Comparison

between Students ’ Perception toward an examination and item analysis , reliability and validity of the

examination. 15(2), 114–123. https://doi.org/10.18502/sjms.v15i2.5503

Saputra, H. D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). HASIL BELAJAR MAHASISWA :

ANALISIS BUTIR SOAL TES pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa . Efektivitas.

, 15–27.

Siskandar. (2016). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. (2nd ed., Vol. 10).

Shigli, K., Nayak, S. S., Gali, S., Sankeshwari, B., Fulari, D., Kishore, K. S., P, N. U., & Jirge, V. (2018). Are

Multiple Choice Questions for Post. 110(5), 455–458.

Sri Wenig. (2012). The nation’s character building through value education. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 55–

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sumarna, S. (n.d.). Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. PT. Remaja Rosdakarya.

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84.

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Zainal, A. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v7i1.17186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.