Interaksi Refutation Text Dan Explanation Text Terhadap Miskonsepsi Mahasiswa

Mariati Mariati, Agus Junaidi, Efendi Napitupulu, Abdul Hamid K

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penurunan angka miskonsepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU setelah diberikan penjelasan tentang materi teori akuntansi dengan menggunakan alat bantu media pembelajaran  refutation teks dan explanation teks. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis quasi eksperimen dengan desain one shot case study dengan instrumen berbentuk pre test dan post test. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes berbentuk essay dengan menggunakan bentuk tiga tingkat yang berjumlah 10 butir dengan ranah kognitif soal berada pada kategori HOTS level C4. Sampel penelitian ini berjumlah 20 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi semester II.Teknik pengolahan data yang dilakukan dengan cara menganalisis hasil jawaban mahasiswa pada tiap butir tes. Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh hasil rata-rata jumlah mahasiswa yang mengalami miskonsepsi atas soal-soal teori akuntansi yang diberikan mengalami penurunan sebesar 70%. Hasil ini tergolong tinggi jika dibandingkan dengan rentang skor antara 70 ≤∆M yang ditetapkan.


References


Alwan, A. A. (2011). Misconception of heat and temperature among physics students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 12, 600–614. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.02.074

Brandts, J., Busom, I., Lopez-mayan, C., & Panad, J. (2022). Dispelling misconceptions about economics. 88(February 2021), 1–19. https://doi.org/10.1016/j.joep.2021.102461

Ferrero, M., Konstantinidis, E., & Vadillo, M. A. (2020). An Attempt to Correct Erroneous Ideas Among Teacher Education Students: The Effectiveness of Refutation Texts. Frontiers in Psychology, 11(October), 1–7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.577738

Gustia, E., & Ulfah, M. (2012). Analisis Pemberian Remedial Oleh Guru Mata Pelajaran. 1–8.

Kim, J., & Kendeou, P. (2021). Version of Record: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0361476X21000618.

Learning, P. D. (2007). Fakultas ekonomi unnes. 2(1), 71–84.

Lebdiana, & Sulhadi N.Hindarto, R. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Suhu dan Kalor Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa. Unnes Physics Education Journal, 4(2), 1–6.

Lestari, P. A. S., & Rahayu, S. (2015). Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X Smkn 4 Mataram Pada Materi Pokok Suhu , Kalor , Dan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3), 146–153.

Limo, M. (2001). On the cognitive conflict as an instructional strategy for conceptual change : a critical appraisal. 11, 357–380.

Merdekawati, D., Dwinitia, S., & Rahmat, W. (2022). USING “ BREAKING NEWS ” AUDIO VISUAL MEDIA FOR WRITING SKILLS OF NATURAL PHENOMENON EXPLANATION TEXT ON CLASS VIII STUDENTS OF SMP NEGERI 3 MANDAU. 1(1).

Risky, K. T., Djudin, T., & Hamdani, H. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four Tier Diagnostic Test Ditinjau dari Kemampuan Berbahasa Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas VII SMPN 7 Sungai Raya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1396–1403. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.754

Rokhman, F., Zulaeha, I., Bahasa, P., Universitas, F. B. S., & Semarang, N. (2013). KEWIRAUSAHAAN UNTUK PESERTA DIDIK SMK SARANA EFEKTIF PENINGKATAN KEMAMPUAN. 977–990.

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). 済無No Title No Title No Title. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., … Fellowship, W. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

W Paskia, Mashudi, F. Y. K. (n.d.). Analisis Program Pengajaran Remedial Dalam Mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( Kkm ). 1–8.

Yuniarti, S., & Ulfah, M. (2013). Miskonsepsi Siswa Dalam Pencatatan Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi 1 Smkn 3.

Hynd, C. R. (2001). Refutational texts and the change process. International Journal of Educational Research, 35(7-8), 699-714

Wardana, Girindra. (2019). Miskonsepsi Konsep dan Prinsip Akuntansi. https://jtanzilco.com/blog/detail/1272/slug/miskonsepsi-konsep-dan-prinsip-akuntansi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.