Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Audit Untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Mahasiswa

Padma Adriana Sari, Sumiadji Sumiadji, Diana Nurindrasari, Amelia Indah Kusdewanti

Abstract


Proses pembelajaran dengan memanfaaatkan media digital dan alat teknologi lain merupakan kunci dari pendidikan yang mengintegrasikan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi pada proses pembelajaran mata kuliah pengauditan, yaitu dengan menggunakan aplikasi Sistem Pembelajaran Audit, diharapkan dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam pembelajaran mengenai proses audit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan aplikasi pembelajaran audit terhadap motivasi belajar mahasiswa akuntansi pada mata kuliah pengauditan. Motivasi pembelajaran diukur dengan 4 aspek, yaitu Perhatian (Attention), Relevansi (Relevance), Keyakinan (Confidence), dan Kepuasan (Satisfaction). 52 mahasiswa diteliti dan mendapatkan hasil bahwa terdapat peningkatan signifikan pada aspek Perhatian, Relevansi, dan Keyakinan. Namun pada aspek Kepuasan terjadi penurunan yang tidak signifikan.  Berdasarkan hasil tersebut, proses pembelajaran saat ini disarankan untuk memanfaatkan pembelajaran secara digital sehingga dapat mengembangkan strategi pengajaran yang praktis dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam proses pembelajaran.


Keywords


Aplikasi Sistem Pembelajaran Audit, Motivasi belajar.

References


Anttila, M., Valimaki, M., Hatonen, H., Luukkaala, T., & Kaila M. (2012). Use of web-based patient education sessions on psychiatric wards. International Journal of Medical Informatics, 81(6), 424-433.

Chiang, T. H. C., Yang, S. J. H., and Hwang, G. J. (2014). An AR-based mobile learning system to improve students’ learning achievements and motivations in natural science inquiry activities. Journal of Educational Technology and Society, vol. 17, no. 4, pp.352–365, 2014.

Chou dkk. (2012) Chou, C. C., Block, & Jesness. (2012). A case study of mobile learning pilot project in K-12 schools. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 5(2), 11-26.

Eva, Rosmalia. (2015). PENGARUH APLIKASI MODEL ASSURE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI. Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 15, Nomor 2,Oktober 2015, hlm 8-14.

Karim, S. (2012). Dynamic assessment of L2 learners’ reading comprehension processes: A Vygotskian perspective. Science Direct, 321-328.

Keane, D. T. (2012). Leading with Technology. The Australian Educational Leader, 34(2), 44.

Khan, Johnston, dan Ophoff. (2019). The Impact of an Augmented Reality Application on Learning Motivation of Students. Advances in Human-Computer Interaction Volume 2019, Article ID 7208494, 14 pages https://doi.org/10.1155/2019/7208494

Koff, L., & Mullis, R. (2011). Nutrition Education and Technology: Can Delivering Messages via New Media Technology Effectively Modify Nutrition Behaviors of Preschoolers and Their Families? Journal of Nutrition Education and Behavior, 43(4), S40-S40.

Lin, M., Chen, H., Liu, K. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education ISSN: 1305-8223 (online) 1305-8215 (print) 2017 13(7):3553-3564 DOI 10.12973/eurasia.2017.00744a

Prajanto, Agung. (2020). PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN RISK BASED AUDIT DENGAN MEDIA APLIKASI AUDIT TOOL LINKED ARCHIVE SYSTEM (ATLAS). Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Auditing, No.1 (Vol.1), 2020, Hal: 18-28.

Pratama K Kaslani, Nurdiawan, Rahaningsih, Nurhadiansyah. (2020). Learning Innovation Using the Zahir Application in Improving Understanding of Accounting Materials. Journal of Physics: Conference Series 1477 (2020) 032018 IOP Publishing doi:10.1088/1742-6596/1477/3/032018

Sari, P. dan Oktavia, F. (2021). SUMBER BELAJAR ALTERNATIF MATA KULIAH AKUNTANSI BAGI MAHASISWA GENERASI Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 19, No. 1, Tahun 2021 Hal. 11 – 26




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v7i1.17998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.