Kompetensi Dosen dan Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa

delyana rahmawany pulungan, mutia arda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana korelasi kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU terhadap pencapaian hasil belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester lima Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU pada prodi Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster dan mengambil sampel 275 mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil analisis diperoleh bahwa kompetensi pedagogic, kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial memiliki korelasi positif signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Kompetensi dosen memiliki dampak yang secara nyata dan kuat terhadap perubahan hasil belajar mahasiswa, sehingga semakin baik kompetensi dosen maka akan semakin baik hasil belajar mahasiswa dan sebaliknya jika kompetensi dosen rendah dalam mengajar maka akan berdampak pada rendahnya kualitas hasil belajar mahasiswa

Keywords


kompetensi pedagogic; kompetensi professional; kompetensi kepribadian; kompetensi sosial; hasil belajar

References


Ayusrijuniantari, I. (2017). Pentingnya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa, (March). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/315099985%0APENTINGNYA

Irianto. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian Dan Sosial Yang Dimilki Dosen Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Empiris Pada Stiie Amm Mataram). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(1), 4658.

Putri, S. D., & Suwatno. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Subang. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 918.

Sarbaini, S. (2017). Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa di Kabuparten Tanah Laut. Banjarmasin: Jaringan Penelitian Bappeda Kabupaten Tanah Laut.

Tahrir. (2013). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sgd Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 756765.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i2.3288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.