PENGARUH TEKNOLOGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PUTRA ANDA BINJAI

Ranti Ramayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Hasil Belajar Tahun Ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian ini adalah angket. Sebelum penelitian dilaksanakan, instrumen penelitian terlebih dahulu diuji coba dengan menggunakan rumus kolerasi produk moment. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Total Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana, uji t dan uji F. Bedasarkan hasil analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk teknologi di era revolusi industri 4.0 diperoleh nilai rata-rata 3,12 berada pada kategori tinggi di peroleh skor tertinggi 58 dan skor terendah 35. Dan untuk hasil belajar pada peserta didik kelas XI dapat dilihat dari daftar nilai siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun hasil analisis inferensial pengaruh teknologi di era revolusi industri 4.0 terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa persamaan regresinya Y=60,605+0,294X) diperoleh nilai t hitung = -0,961, t tabel = 2,014 karena t hitung < t tabelsehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel teknologi di era revolusi industri 4.0 (X) tidak berpengaruh terhadap hasil siswa kelas XI AK SMK Putra Anda Binjai T.P 2019-2020.


Keywords


Teknologi, Revolusi Industri 4.0, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Sardirman.2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Perss

Aunurrahman.2016. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta

Ayunthara Arvia.2016. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi, Lingkungan Sekolah Dan Managemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. (Skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta)

Daryanto. Karim, syaiful. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

M.Arifin, Riniekawati. 2017. E Learning Edmodo Go Blog. Medan: Penerbit UMSU Press

Mubarak, Zzaki. A. 2018. Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Probelematika Pendidikan Tinggi. Yogyakarta: Ganding Pustaka

Rusman 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta; PT RajaGrafindo Persada

Savitri. Astrid.2019. Revolusi Industri 4.0 (Mengubah Tantangan Menjadi Pelua ng Di Era Disrups 4.0). Yogyakarta: Penerbit Genesis

Sukardi.2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Riski Anisa.2014. Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Hidang Program Keahlian Jasan Boga di SMK NEGERI 4 Jogyakarta.(Skripsi:Fakultas Teknik Universitas Negeri Jogyakarta)

Tugiyo, Hairul, Peneraan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika Vol, 8 no, (Januari 2014)




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i1.3653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.