Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Pengantar Akuntansi dan Pemanfaatan Konten Dokumen dengan Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia sebagai Variabel intervening

Pandapotan Ritonga

Abstract


Proses pembelajaran memberikan berkontribusi kompetensi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dengan nilai koefisien standardized sebesar -0,878 dan signifikan pada 0,021. Dosen dan Mahasiswa memberikan kontribusi Kompetensi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dengan nilai koefisien standardized sebesar, 1,836, dan nilai signifikan pada, 0,000, Mahasiswa dan Dosen memberikan kontribusi dengan nilai koefisien standardized sebesar 0,330, dan nilai signifikan pada 0,126. Kompetensi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia memberikan kontribusi Kualitas pembelajaran dengan nilai koefisen standardized sebesar 0.488 dan nilai signifikan pada 0,040. Tujuan ini didasarkan atas kondisi saat ini. Fakta setelah dilaksanakannya pembelajaran mata kuliah pengantar akuntansi berbasis konten dokumen menunjukkan hasil perubahan pada proses belajar mengajar, dimana seorang dosen yang menggunakan Hasil output indicator diskusi dan ceramah memberikan kontibusi pada proses pembelajaran, sebesar 1.000 dan 0.816 dan nilai signifikan 0,000. Sedangkan indikator anggapan materi sulit, motivasi belajar dan teknik belajar memberikan kontribusi pada dosen dan mahasiswa dengan nilai koefisien sebesar 1.000, 1.142 dan 0.992 dan nilai signifikan 0,000. Sedangkan indikator intervening penguasaan pengetahuan, kemampuan bidang manajerial dan kemampuan bidang kerja memberikan kontribusi pada variable intervening kompetensi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia sebesar 0,870, 1,000 dan 0,935 dan nilai signifikan 0,000. Sedangkan indikator konten dokumen dan kesiapan dosen memberikan konribusi pada kualitas pembelajaran sebesar 1,000 dan 0,939 dengan nilai siqnifikan 0.000.


Keywords


Model Pembelajaran, Pengantar Akuntansi, Konten, KKNI

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i3.3992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.