PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBASIS GAMES TERHADAP MINATBELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH AKUNTANSI PASIVA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMSU T.A 2017/2018

Dian Novianti Sitompul, Isra Hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Direct Instruction terhadap minat belajar mahasiswa pada mata kuliah Akuntansi Passiva, dengan model pembelajaran Direct Instructiondosen dituntut untuk melakukan pengajaran secara langsung dalam mengajarkan keterampilan dasar dan di demonstrasikan langsung kepada mahasiswa dengan tahapan yang terstruktur. Selain menggunakan model pembelajaran Direct Instructionpenulis juga memadukan dengan menggunakan Games. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah empat kelas jurusan Pendidikan Akuntansi semester empat. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas A Pagi Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one shot case stud.Dari hasil uji hipotesis secara parsialnya bahwa nilai Thitung Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction = 10.567 maka diperoleh t hitung > t tabel atau 10.567> 2,201 dan signfikansi 0,000< 0,05. Dari hasil uji t tersebut, artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Games Terhadap MinatBelajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Pasiva Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU T.A 2017/2018.


Keywords


Model Direct Instruction, Minat Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i3.4023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.