PROMOSI DAN PEMBUKUAN ONLINE BAGI KOPERASI DI KECAMATAN MEDAN DELI

Mutia Arda

Abstract


Koperasi Masyarakat Sejahtera merupakan koperasi unggulan yang berpihak pada kelompok MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) di tingkat Kecamatan Medan Deli. Koperasi Masyarakat Sejahtera juga membantu modal bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk menciptakan suatu lapangan usaha dengan sistem Sisa Hasil Usaha Koperasi. Koperasi Masyarakat Sejahtera juga membantu perekonomian masyarakat berpenghasilan rendah yang telah memiliki produk dalam bidang penjualan dan pemasaran produk dengan sistem konsinyasi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu kelompok MBR yang ada di Kecamatan Medan Deli menjadi anggota koperasi sehingga nantinya kelompok MBR ini bisa mengembangkan inovasi dengan diversifikasi produk serta pengelolaan keuangan dan memperluas daerah pemasarannya sehingga pendapatan mereka meningkat dan perekonomian keluarga juga meningkat. Hal ini dapat mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan di wilayah tersebut. Metode yang digunakan adalah melakukan penyuluhan tentang pentingnya inovasi dan diversifikasi produk, pengelolaan keuangan dan pemasaran produk serta melakukan pelatihan kewirausahaan, pengelolaan keuangan dan pemasaran. Hasil yang diharapkan adalah terciptanya keanekaragaman produk serta pengelolaan keuangan usaha yang baik dan produk anggota Koperasi Masyarakat Sejahtera semakin terkenal di masyarakat luas.

Keywords


Koperasi, Manajemen, Pengelolaan Keuangan, Pemasaran Online

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2019, Kota Medan Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Kota Medan.

Badan Pusat Statistik, 2019, Kecamatan Medan Deli Dalam Angka, Badan Pusat Satistik Kota Medan.

Fatricia, Raja Sharah dan Sari, Layra Nichi, 2018, Marketing Strategy of Bina Usaha Al-Ihsan Cooperative, Jurnal Digest Marketing, Volume 3, No.1, Januari-Juli 2018.

Putra, Abdul Hakim Pranata, 2018, Analisis Pelaksanaan Strategi Pengembangan Koperasi Tidak Aktif Di Jawa Tengah, http://www.fisip.undip.ac.id.

Said, Mirza Novi, 2012. Pengaruh Jumlah Pelanggan, Tingkat Produksi, Pengeluaran Perusahaan Terhadap Pendapatan Perusahaan. Jurnal Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjung Pinang.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i2.5570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.