ANALISIS ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM SEBAGAI ALTERNATIF PERHITUNGAN TARIF JASA RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT UMUM HAJI MEDAN

Zulia Hanum

Abstract


Perhitungan harga pokok produksi terhadap suatu produk atau jasa sangat penting dilakukan untuk menentukan harga jual, apabila metode perhitungan harga pokok produk atau jasa yang digunakan tidak sesuai untuk diterapkan di era yang modern seperti ini, maka akan terjadi distorsi biaya. Distorsi timbul karena adanya ketidakakuratan dalam pembebanan biaya, sehingga dapat mengakibatkan kesalahan dalam penentuan biaya, pembuatan keputusan, perencanaan dan pengendalian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penentuan tarif jasa rawat inap dengan menggunakan activity based costing dan mengetahui besarnya perbandingan tarif jasa rawat inap dengan menggunakan sistem tradisional dan activity based costing system, yang dapat dijadikan acuan dalam menerapkan tarif jasa rawat inap pada Rumah Sakit Umum Haji Medan. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif yaitu menganalisis tarif rumah sakit saat ini, menghitung tarif berdasarkan activity based costing, kemudian membandingkan tarif jasa rawat inap rumah sakit berdasarkan activity based costing dengan realisasinya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu penelitian kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa perhitungan menggunakan activity based costing memberikan hasil yang berbeda. Hasil perhitungan dengan menggunakan sistem activity based costing dibandingkan dengan tarif yang ditentukan rumah sakit memberikan hasil yang lebih mahal pada kelas Super VIP, kelas II, dan kelas III. Sedangkan untuk kelas Suite Room, kelas VIP, dan kelas I memberikan hasil yang lebih murah. Perbedaan yang terjadi antara sistem tradisional dan sistem activity based costing disebabkan karena pembebanan biaya overhead pada masing-masing produk tersebut.


Keywords


Activity Based Costing, Harga Pokok Jasa Rawat Inap Pasien, dan cost driver

Full Text:

PDF

References


Astuty, Widia. (2016). Akuntansi Manajemen. Medan: Perdana Publishing.

Blocher, dkk. (2011). Manajemen Biaya Penekanan Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi,SP, Septian Bayu. (2017). Akuntansi Biaya. Penerbit In Media Bogor.

Fakultas, A., Universitas, E., & Nusantara, M. (n.d.). PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM DALAM MENENTUKAN HARGA POKOK ( Studi Kasus Penentuan Besarnya Tarif Jasa Rawat Inap Pada RSUD Deli Serdang Lubuk Pakam ). 103117.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (2019). Pedoman Penulisan Skripsi.

http//www.febumsu.ac.id. Diakses 28 Desember 2019.

Firdaus, Ahmad dan Wasilah. (2009). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Hansen, Don R. Maryanne M Mowen. Management Accounting, 7th. Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Penerbit Salemba Empat dengan judul Akuntansi Manajemen, Edisi 7. Buku 1. Salemba Empat : Jakarta, 2004

Ikhsan, Arfan. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Citapustaka Media Bandung.

Ilmiah, J., Issn, E. I. A. P. dalam P. H. J. pada P. C. C. B. I. M., & ZULIA HANUM Jurnal. (2013). Sistem Informasi Akuntansi Penuh dalam Penentuan Harga Jual pada PT. Coca Cola Bottling Indonesia Medan ZULIA HANUM. Jurnal Ilmiah Ekonomikawan.

Kesehatan, Departemen. (2003). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 560/MENKES/SK/IV/2003, [pdf],

(http://www.depkes.go.id/downloads/Sk560-03.pdf, diakses pada tanggal 30 Desember 2019)

Khaddafi, Muammar, dkk. (2017). Akuntansi Biaya (A. Ikhsan (ed.)). Penerbit Madenatera.

Miranti, B., & Triharyati, E. (2015). Analisis Penentuan Tarif Rawat Inap Dengan Metode Activity Based Costing Pada Rsud Hapsari Medika. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 2843.

Najah, N., Raharjo, K., & Andini, R. (2016). PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM DALAM MENENTUKAN TARIF JASA RAWAT INAP (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum RA. KARTINI Kabupaten Jepara). In Journal Of Accounting (Vol. 2, Issue 2).

PUTRI, D. A. (2011). Analisis Penggunaan Metode Activity Based Costing Sebagai Alternatif Dalam Menentukan Tarif Spp Smp-Sma Pada Ypi Nasima Semarang Tahun 2010. 56.

Qurnain, N. (2011). Analisa Penentuan Tarif Jasa Rawat Inap dengan Menggunakan Activity Based Costing System (ABCS) di Rumah Sakit Paru Pamekasan. 1(01), 212.

Riwayadi. (2014). Akuntansi Biaya (Pendekatan Tradisional dan Kontemporer). Jakarta: Salemba Empat.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis (S. Suryadi (ed.)). Penerbit Erlangga.

Satria, H. (2017). Penerapan Metode Activity Based Costing Untuk Menentukan Harga Pokok Produksi. Jurnal Benefita, 2(2), 92101. https://doi.org/10.22216/jbe.v2i2.1265

Siregar, Baldric, dkk. (2013). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Siregar, dkk. (2014). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Siregar, H. F., Sinaga, J., & Elisabeth, D. M. (2017). PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING UNTUK MENENTUKAN TARIF KAMAR HOTEL PADA HOTEL TOLEDO INN DI SAMOSIR. 7, 5667.

Tunggal, A. W. (2003). Activity Based Costing Suatu Pengantar. Jakarta: Harvarindo.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i2.5590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.