PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK PAB 2 HELVETIA

Ramayani Ramayani, Dian Novianti Sitompul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran setiap orang guru disini terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK PAB 2 Helvetia tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-Ak yang berjumlah 35 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Angket terdiri dari 20 soal dan tes terdiri dari 20 soal, 10 soal pre-tes dan 10 soal post-tes, tes yang digunakan dalam bentuk uraian. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PAB 2 Helevetia yang beralamat di Jalan Veteran Pasar IV Helvetia, Labuhan Deli, Tj.Gusta, Deli Serdang, Sumatera Utara, 20116. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI AK akuntansi SMK PAB 2 Helvetia. Berdasarkan persamaan regresi linier sederhana, Y = 64,177 + 0,265 X. Dari persamaan regresi linier sederhana diperoleh nilai a (bilangan tunai) dari Unstandardized Coefficient adalah 64,177. Artinya apabila tidak ada strategi semua orang menjadi guru disini (X) maka nilai hasil belajar (Y) adalah 64,177. Sedangkan b (jumlah koefisien regresi) bernilai 0,265, hal ini menunjukkan bahwa setiap penambahan 1% level strategi pembelajaran setiap orang menjadi guru disini (X) maka hasil belajar (Y) akan meningkat sebesar 0,265. Karena nilai koefisien regresi bertanda positif maka dapat dikatakan bahwa strategi semua orang mengajar disini (X) berpengaruh positif terhadap hasil belajar (Y). Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% atau 0,05 diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,851> 1,692 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran setiap orang sebagai guru di sini terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia tahun pelajaran 2019/2020.


Keywords


Strategi Pembelajaran, everyone is a teacher here, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Darmansya 2012. Strategi Pembelajara Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta PT.Bumi Aksara

Harti, Dwi. 2018. Akuntansi Keuangan. Jakarta: Erlangga

Pratama, A.S, dan Muslim, S. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Every One is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi menafsirkan Gambar Teknik Listrik di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan teknik Electro. Vol 2 (2):861-868

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar

Rasyidin, Al dan Nur Wahyuddin.2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian Jakarta: Rajawali Pers

Sabri, Ahmad. 2005. Metode Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suprihatiningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

_________ 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Warsono. 2017. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Zaini, Bermawy dan Sekar Ayu Aryani. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i2.5592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.