Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Indah Wikiya Sari, Dian Novianti Sitompul

Abstract


The purpose of this study was to analyze the use of Adobe Flash based accounting learning media to improve student learning outcomes. The problems found that most students are more passive, reluctant, afraid or ashamed to express their opinions in accounting learning. In addition, there is less variation in teaching patterns using learning media.The research method uses the library research method by testing the validity of data in qualitative research including testing, credibility (internal validity), transferability (external validity), dependability (reliability), and confimability (objectivity). Based on the results of the analysis that adobe flash-based accounting learning media can increase and direct the attention of students so that it can lead to learning motivation, more direct interaction between students and their environment, and the possibility of students learning individually according to their abilities and interests


Keywords


Learning Media, Adobe Flash, Student Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran Sebuah Pedekatan Baru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Pres.

Annisa Ratnasari 2018 Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Modul Interaktif Adobe Flash Cs6 Pada Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X Akuntansi Di Smk Negeri 1 Boyolali. Program Studi Pendidikan Akuntansi.

Arin Dwi Cahyanti dan Dra. Sumarsih, M.Pd 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs 6 Pada Kompetensi Jurnal Penyesuaian. 2 Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 8 Tahun 2017.

Baharuddin. (2009). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : Ar- ruzz Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Erlin Septiana Rahmawati dan Susanti 2015, Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Adobe Flash Cs5 Sebagai Media Interaktif Materi Menyusun Rekonsiliasi Bank. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi.

Emiasih dan Isroah, M.Si 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash Kompetensi Dasar Membuat Jurnal Penyesuaian Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 2 Smk Negeri 1 Pengasih . 2 Jurnal Pendidikan Akuntansi Edisi Tahun ke 2014.

Ijah Mulyani Sihotang M.Si,Dan Fatmawarni Mm 2015. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Program Macro Media Flash Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Pada Siswa Smk Bm Di Kota Medan, Laporan Hibah Bersaing.

Lita Aprilia Sutopo Dan Isroah 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, 2 Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 1 Tahun 2016.

Lintang Wulandari, Sudiyanto, Sohidin April, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi di SMK. Jurnal Tata Arta UNS, Vol. 3, No. 1, hlm 121-133

Sudarwan Danim dan Khairil, (2010: 163). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Hamalik, O. (2011). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Intan Nur Saidah dan Mahendra Adhi Nugroho 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (Acak) Menggunakan Adobe Flash Cs5. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XIII, No.1, Tahun 2015, 65 74.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Qory Eka Retta Sari dan Agung Listiadi 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Administrasi Perpajakan Kelas Xi Akuntansi Di Smk Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Akuntansi Volume 07 Nomor 03 Tahun 2019, 494-498.

Rudi Susiliana & Cepi Riyana.(2008). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan Pemanfaatan dan Penilaian.Bandung: Jurusan Kurtekpen FIP UPI.

Rina Izlatul Lailiyah dan Suci Rohayati, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang Kelas X-Ak Smk Muhammadiyah 1 Taman. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi.

Rizqi Ilyasa Aghni 2018. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XVI, No. 1, Tahun 2018, 98 107.

Siregar, E. & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sadiman, Arif S, R Raharjo, Rahardjito, dan Anung H. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanaky, H.AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Smaldino, S.E., dkk. (2011). Instructional Technology and Media for Learning.

Indonesia: Kencana.

Setyono, Yulian Adi, Sukarmin, dan Daru Wahyuningsih. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika,Vol.1(1) : 118-126.

Susilana, R. & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurtekpen FIP UPI.

Sugiono. (2010). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung

Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta:Kenca ALFABETA

Suherman, Yuyus. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran. Makalah disampaikan pada Diklat Profesi Guru PLB. Bandung : Lembang.

Wahyuni Susilowati dan Joni Susilowibowo 2017. Efektivitas Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Software Adobe Flash Professional CS6 Terhadap Hasil Belajar Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X Di SMK Prapanca 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i1.6782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.