IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN MODAL KERJA DENGAN MENGGUNAKAN AKAD MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI).

Azizi Nur Sutana Tarigan, Sriwardany Sriwardany

Abstract


A BSTRAK

IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN MODAL KERJA DENGAN MENGGUNAKAN AKAD MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI).

Penyaluran dana kepada masyarakat merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan keadaan ekonomi masyarakat. BSI merupakan sebuah lembaga keuangan yang salah satu tugasnya adalah menyalurkan dana pembiayaan kepada masyarakat yang telah menerapkan prinsip kehati-hatian dalam pembiayaan modal kerja dengan akad Mudharabah sehingga dapat dijadikan salah satu instansi pembiayaan yang terpercaya oleh masyarakat dan aman bagi kesehatan bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pembiayaan modal kerja dengan akad Mudharabah dan implementasi pembiayaan modal kerja dengan akad Mudharabah di BSI. Pada hasil penelitian diketahui ada beberapa tahap persetujuan dan pencairan (realisasi) pembiayaan serta tahap monitoring implementasi pembiayaan Mudharabah di BSI telah sesuai dengan Fatwa DSN No: 07/DSN- MUI/IV/200.

Kata Kunci: Penyaluran dana, BSI, akad Mudharabah, implementasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Qomar, M. N. (2018). Mudharabah Sebagai Produk Pembiayaan Perbankan Syariah Perspektif Abdullah Saeed. Journal of Islamic Banking and Finance , 201-210.

Jamilah, D. L. (2013). Implementasi Pembiayaan Mudharabah Muqayyadah dan Pembiayaan Mudharabah Mutlaqah Pada BMT TA'WUN Cipulir. Jurnal Lentera Akuntansi, 78-93.

Prasetyani, E. S. (2011). Pelaksanaan Dan Sistem Bagi Hasil Pembiayaan Al- Mudharabah Pada Bank Syariah.

Sujana, D. (2018). Pengaruh Implementasi Pembiayaan Mudharabah dan Risiko terhadap Pendapatan pada PT. Bank Jabar Banten Syariah. Jurnal Knowledge Management , 021-029.

Almahmudi, N. M. (2020). Analisis Implementasi Pembiayaan Mudharabah Dalam Perkembangan Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia. Journal Of Indonesian Islamic Economic Law , 208-230.

Nurrohman. (2020). Mudharabah Scheme Within The Islamic Banking: Profit Sharing And Associated Problems In It. Jurnal Penelitian Islam , 235-262.

Jurnal Keuangan dan Perbankan , Heradhyaksa, B. (2018). Mudharabah

-478.

Fadhila, N. (2015). Analisis Pembiayaan

Mudharabah dan Murabahah

Financing Supervision Of Islamic Banking In Indonesia. Journal Of Indonesian Islamic Economic , 01.

terhadap Laba Bank Syariah Mandiri . Muhammad Rijalus Sholin, A. M. (2019).

Jurnal Riset Akuntansi , 1-15.

Sholin, A. M. (2019). Analisis Penerapan dan Sistem Bagi Hasil Akad Mudharabah Dalam Akuntansi Syariah . Jurnal Ilmu Manajemen , 2598-1072.

Analisis Penerapan dan Sistem Bagi Hasil Akad Mudharabah Dalam Akuntansi Syariah . Jurnal Ilmu Manajemen , 2598-1072.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i3.8169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.