DETERMINAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM KOTA MEDAN

Sury Aulia Marpaung, Ardhansyah Ardhansyah

Abstract


ABSTRAK

Tujuan studi penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh determinan Pengguna Informasi Akutansi pada UMKM Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Penelitian yang diteliti adalah skala usaha, umur perusahaan, pendidikan dan informasi akutansi. Informasi Akutansi adalah merupakan rangkaian aktivitas dalam pemrosesan data dari aktivitas bisnis pengolahan data keuangan perusahaan dengan menggunakan sistem informasi komputer yang terintegrasi secara harmonis. Skala Usaha adalah kemampuan perusahaan dalam mengelola usaha dengan memerhatikan besarnya aset, jumlah karyawan, dan pendapatan yang diperoleh selama satu periode akuntansi, umur perusahaan juga merupakan pengalaman perusahaan dalam menangani berbagai masalah apa yang terjadi di dunia bisnis dapat dikatakan bahwa upaya jangka panjang diketahui mempengaruhi perdagangan perusahaan dan lingkungan persaingan perusahaan, pedidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan menggambarkan proses pemilik/manajer untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan teknis serta kemampuan organisasi. Teknik pengumpulan datanya 163 UMKM yang dapat dijadikan sampel. Dari studi ini ditemukan hasil bahwa pengaruh variabel skala usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap informasi akutansi dengan hasil 1,526, variabel umur perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap informai akutansi dengan demikian maka hipotesis diterima dengan nilai 1,544, variabel pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap informasi akutansi dengan demikian maka hipotesis diterima dengan nilai 18,807.
Kata kunci: skala usaha, umur perusahaan, pendidikan dan informasi akutansi


Full Text:

PDF

References


Adisetiawan, R. (2017). Kajian Persepsi Pemilik Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Terhadap Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 13(4), 162173.

Aring, A., Tinangon, J. J., & Elim, I. (2020). Penerapan Akuntansi Pengakuan Aset Tetap Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 15(2), 6976.

Baas, T. dan M. Schrooten. 2006. Relationship Banking and SMEs: A Theoretical Analysis. Small Business Economics, 27.

Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M.,Susilo, B. (2018). Pengembangan Umkm Antara Konseptual Dan Pengalaman Praktis. Ugm Press.

Budiyanto, H. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan

Dewantoro, R. (2020). Pengaruh Ekspektasi Usaha, Tingkat Pendidikan, Dan Lama Usaha Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi. Universitas Pancasakti Tegal.

Enjel. 2019. Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan

Fauzi, I., Siregar, H., & Malik, A. (2020). Bimbingan Teknis Penetapan Harga Jual Suatu Barang Dalam Peningkatan Penjualan Pada Usaha Kecil Mandiri Di Desa Medan Senembah Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3(1), 161165.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi (7th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendrawan, A., Kuswantoro, F.,Sucahyawati, H. (2019). Dimensi Kreativitas Dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Hummansi (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 2(1).

Husaeni, U. A.,Dewi, T. K. (2019). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Anggota Bmt Di Jawa Barat. Bongaya Journal For Research In Management (Bjrm), 2(1), 4856.

Hutagalung, I. (2019). Peranan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Pada Pt. Angkasa Pura Ii (Persero) Bandar Udara International Kualanamu. Universitas Dharmawangsa.

Informasi Akuntansi pada Perusahaan Tenun Troso Jepara. Skripsi Tertutup,

Kaukab, M. E. (2020). Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku Umkm. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(2), 2841.

Kaukab, M. E. (2020). Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku Umkm. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(2), 2841.

Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Agen Kelapa Sawit di Desa Sungai Badak Kecamatan Mesuji).

Kurniawan, F. P. (2018). Analisis Dampak Modal Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Sektor Industri Pengolahan (Studi Pada Umkm Di Kabupaten Sidoarjo). Universitas Brawijaya.

Lathifah, H. (2017). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Dan Struktur Organisasi Terhadap Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Manajemen (Studi Pada Pt. Pos Indonesia (Persero)). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unpas Bandung.

Lestanti, D. (2015). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Boyolali. Yogyakarta: Skripsi. Universitas negeri Yogyakarta.

Mardia, M., Tanjung, R., Karim, A., Ismail, M., Wagiu, E. B., Sudarmanto, E., Supitriyani, S., Sihotang, J. I., Martina, S., & Damanik, E. O. P. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Dan Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta.

Mintarsih, R. A. (2020). Pengaruh Skala Usaha, Umur Usaha, Pendidikan Dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta. Prima Ekonomika, 11(2), 4258.

Muzdalifa, I., Rahma, I. A.,Novalia, B. G. (2018). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada Umkm Di Indonesia (Pendekatan Keuangan Syariah). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1).

Nabawi, N. I. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Mengengah Di Kota Yogyakarta.

Nasution, T. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Novianti, D., Mustika, I. W., Eka, L. H. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan Akuntansi, Umur Usaha, Dan Skala Usaha Pelaku Umkm Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Di Kecamatan Purwokerto Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 20(3).

Nur Fadhilah, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas Dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017). Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi-Bisnis Universitas Widyatama.

Pemerintah Republik Indonesia (2008). UU no 20 Tahun 2008 tentang Usaha

Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah di Yogyakarta. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Putra, R. O. S. (2017). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Terkait Dengan Siklus Pendapatan Dan Siklus Produksi Pada Bisnis Keluarga Perusahaan Rose Pao Di Bandung. Calyptra, 6(1), 130138

Rafika, M. (2018). Pengaruh Corporate Governance, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Perusahaan Manufaktur Di Bei Tahun 2014-2018. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 5(2), 1531.

Siagian, A. O., & Indra, N. (2019). Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Terhadap Laporan Keuangan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 1735

Siagian, A. O., & Indra, N. (2019). Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Terhadap Laporan Keuangan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 1735.

Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Ekonomi dan Islam, Ekonomi Islam, Universitas Negeri Raden Intan Lampung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Universitas Islam Nahdatul Ulama

Wahyudi, Muhammad. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Warsono, Sony dan Endra Murti. (2010). Akuntansi UMKM Ternyata Mudah Dipahami dan Dipraktikkan. Yogyakarta : Asgard Chapter Winarno.

Whetyningtyas, A. (2016). Determinan Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah (UMKM). Media Ekonomi Dan Manajemen , 1-9.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i3.8291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.