Determinan Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Studi Empiris PT. PLN (Persero) Area Medan

Lesna Tarida Nasution, Ardhansyah Putra Harahap

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan, dukungan manajemen puncak, serta modernisasi teknologi informasi terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Popilasi dalam penelitian ini adalah karyawan di PT PLN (Persero) Area Medan dibagian keuangan, anggaran dan akuntansi berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dimana seluruh jumlah populasi dijadikan sebagai sampel yaitu sebanyak 35 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner atau angket. Data yang terkumpul akan di analisis menggunakan SPSS versi 22.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Dukungan manajemen puncak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi, serta modernisasi teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Sedangkan secara simultan variabel pendidikan dan pelatihan, dukungan manajemen puncak dan modernisasi teknologi berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.


Keywords


Kata Kunci: Pendidikan dan Pelatihan Pengguna, Dukungan Manajemen Puncak,Modernisasi Teknologi Informasi, Kinerja Sistem Informasi Akuntansi.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aulia, R. (2017). Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. 19.

Baridwan, Z. (2012). Kinerja Sistem Informasi Akuntansi.

Faradilla, D. N. (2013). Pengaruh Dukungan Manajemen Puncak, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Pengguna Aktual dan Kepuasan Pengguna Terhadap Implementasi Sistem Keuangan Daerah di Kota Denpasar.

Febriyanti. (2017). Pengaruh Kecanggihan Teknologi.

Febriyanti, A. (n.d.). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi.

Indiantoro, N. (2017). Pengambilan Keputusan Sistem Informasi Akuntansi. 1236.

J, M. dan P. (2016). Sistem Informasi Akuntansi (Sembilan). Salemba Empat.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. UMSU Press.

Mujilan. (2012). Sistem Informasi Akuntansi.

Ningsih, K. I. R. (2014). Pengembangan Teknologi.

Nugrah, I. G. (2019). Pengaruh Kemampuan Teknik Personal, Keterlibatan Pemakai, Pendidikan dan Pelatihan Pada Evektivitas Sistem Informasi Akuntansi. Akuntansi Universitas Udayana, 26(1), 770.

Pakpahan, E. S. (2014). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. 6(1), 118.

Pattiasina, V., Noch, M. Y., -, S., Bonsapia, M., & Patiran, A. (2021). Determinan Kinerja Sistim Informasi Akuntansi dimoderasi oleh Pendidikan dan Pelatihan. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 2(1), 3756. https://doi.org/10.51135/publicpolicy.v2.i1.p37-56

Putra, S. dan N. W. A. (2019). Pengaruh Kemampuan Teknik Personal, Keterlibatan Pemakai, Pendidikan dan Pelatihan Pada Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi.

Rofifah, D. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1226.

Susanto. (2011). Sistem Informasi Akuntansi.

Widjajanto, N. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i3.8337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.