Komunikasi Antar Pribadi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Siswa Bermasalah

Hariansyah Hariansyah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan komunikasi Antar Pribadi yang dilakukan guru bimbingan dan konseling terhadap siswa yang bermasalah di SMA Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 09 Kualuhhulu, Kabupaten Labuhan Batu. Pendekatan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi dan menghasilkan kesimpulan bahwa bentuk komunikasi antara guru bimbingan dan konseling serta siswa yang bermasalah berupa komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal dengan cara mengkomunikasikan pesannya secara verbal atau dengan lisan melalui program pembelajaran yang telah ditetapkan, sedangkan komunikasi nonverbal antara siswa dan guru terjadi sebagai proses pertukaran pikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, gerakan tubuh dan sentuhan. Efektivitas komunikasinya memiliki kredibilitas (source credibility). Namun tetap terdapat faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat komunikasi antarpribadi antara guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa yang bermasalah


Keywords


Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Verbal, Konseling

Full Text:

PDF

References


Ali, Deli. (2000), Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Bandung: Ganeca Grafic

Altman, I. and Taylor, D. A. (2005), Social Penetration, New York Holst, Rinehart, Winston

-------------(2005), Communication in Interpersonal Relationships: Social Penetration Theory. In M. E. Roloff and G. R. Miller (Eds.), Interpersonal processes: New directions in communication research, 257-277. Newbury Park, CA, Sage.

Azra, Azyumardi. (2005), Pendidikan Islam dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Logo, Jakarta.

Azwar, S. (2003). Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budyatna, Muhammad & Ganiem. (2011), Teori Komunikasi Antarpribadi, Jakarta, Prenada.

Daymon, Christine dan Immy Holloway, 2008, Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Communications, Penerbit Bentang Pustaka, Yogyakarta

Djaali. (2007), Psikologi Pendidikan, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Gerungan, WA.(2004), Psikologi Sosial, Refika Aditama, Bandung

Griffin, Emory A. (2003), A First Look at Communication Theory, 5th edition, McGraw-Hill, New York.

Hafid, Cangara. (2006), Pengantar llmu Komunikasi, Rajawali Pers, Jakarta.

Handoko, T.H. (2006), Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi 2, Yogyakarta: BPFE

Hasan, Iqbal. (2002), Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasyim, Ahmad. (2002). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa dengan Pembinaan Akhlak di SLTP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Tesis. Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Iriantara, Yosal. (2006), Public Relation Writing, Pendekatan Teoritis dan Praktis. Bandung: Simbioasa Rekatama Media

Kabalmay, H. (2002), MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Kholil, Syukur. (2011), Teori Komunikasi Massa, Medan: Perdana Mulya Sarana

Koesoema, Doni. (2009), Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger, Grasindo, Jakarta.

Mandona, Astri. (2012). Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits guna Meningkatkan Motivasi Belajar di MTs N Sleman Kota. Tesis. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Miller, Katherine. (2001), Communication Theory: Perspectives, Processes, and Contexts, Library of Congress Cataloging-in-Publication Data, USA

Moleong, Lexy J, (2005), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyadi. (2008), Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap kesulitan belajar khusus, Nuha Litera, Yogyakarta.

Mulyana, Deddy, (2002), Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Prayitno. (2004), Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Rineka Cipta, Jakarta.

Rosanti, Mela.(2012). Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Maarif Klangon ditinjau dari Pemberian Reward dan Reinforcement. Tesis. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Sarwono. S.W. (2011), Psikologi Remaja, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suranto. (2010), Komunikasi Sosial Budaya, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syah, Muhibbin. (2006), Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Walgito, Bimo. (2004), Bimbingan dan Konseling (Study dan karir), Yogyakarta: Andi Offset

Wiryanto, (2005), Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v2i1.3916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id