Strategi Komunikasi Pemasaran iNews TV Sumut dalam Meningkatkan Segmentasi Pemirsa

Asih Astuti, Rahmanita Ginting, Arifin Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran iNews TV Sumut dalam meningkatkan segmentasi pemirsa. Teori yang digunakan adalah bauran pemasaran, bauran promosi, segmentasi pemirsa dan teori segmentasi, targeting, positioning (STP). Subjek dalam penelitian ini adalah tim yang terlibat dalam memasarkan program iNews TV Sumut yakni enam informan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dalam merebut pasar pemirsa, iNews TV Sumut menerapkan serangkaian langkah yang terdiri atas tiga tahap, yaitu segmentasi, targeting, dan positioning (STP). iNews TV Sumut menerapkan konsep bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari produk/ product, harga/ price, tempat/place, promosi/promotion, orang/people, proses /process dan bukti fisik/physical evidence. Inews TV Sumut juga menerapkan bauran promosi (promotion mix) yang terdiri dari periklanan/advertising, promosi penjualan/sales promotion/humas/ public relation, penjualan tatap muka/personal selling, pemasaran langsung/direct marketing dan interaktif media/interactive media. Pensegmentasian pemirsa iNews TV Sumut dilakukan berdasarkan demografis, geografis, dan psikografis.


Full Text:

PDF Indonesia

References


Assauri, Sofjan. 2012. Srategic Marketing : Sustaining Lifetime Customer Value. RajaGrafindo Persaja : Jakarta

Burhan, Bungin. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Gajah Mada Press : Yogyakarta

Cahayadi, Meisye Laurence, Fatimah, Jeanny Maria, Aziz, Syamsuddin. 2018. Kebijakan

Segmentasi Khalayak Program Siaran Talkshow Lembaga Penyiaran Swasta

Televisi di Kota Makasar.Jurnal Komunikasi KAREBA. 7 (1).

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Komunikasi. RajaGrafindo Persada : Jakarta

Fajar, Taufik. 2019. Studi Nielsen : Pemirsa Indonesia Habiskan 5 Jam Nonton TV, 3 Jam Berselancar di Internet. Okezone.com (https://economy.okezone.com/read/2019/03/05/320/2025987/studi-nielsen-pemirsa-indonesia-habiskan-5-jam-nonton-tv-3-jam-berselancar-di-internet)

Fauzi, Muhammad Rizki, Ratnasari, Anne. 2018. Komunikasi Pemasaran iNews TV Bandung dalam Membantu Memasarkan Program Acara Televisi . Jurnal Prosiding Manajemen Komunikasi, 2 (4)

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik. Bumi Aksara : Jakarta

Halim, Sahril, Sujoko, Anang, Antoni. 2018. Strategi Stasiun TV9 Lombok di Era Disrupsi. Komunike. X (2)

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga : Jakarta

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta : Bandung

Ikadiyan, N, Suryatna, U, Luthfie, M. 2016. Komunikasi Pemasaran MGSTV Dalam Meningkatkan Segmentasi Pemirsa. Jurnal Komunikatio ISSN 2442-3882 . 2 (2)

Latief, Rusman dan Utud, Yusiatie. 2015. Siaran Televisi Non Drama, Kreatif, Produktif, Public Relatins, dan Iklan. Prenada Media Grup : Jakarta

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra Ilmu : Yogyakarta

Masitah, Primasti, Dinar, Diahloka, Carmia. 2014. Strategi Komunikasi Pemasaran Gayana TV Dalam Mendapatkan Pengiklan Komersial.Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Polotik.3 (2).

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya : Bandung

Morissan, 2011. Manajemen Media Penyiaran, Strategi Mengelola Radio & Televisi. Kencana Prenada Media Grup : Jakarta

Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Kelompok Intrans Publishing : Malang

Ramadan, Adusya Citra. 2019. Masyarakat Tak Lagi Menonton TV Benarkah ? Republika.co.id.(https://www.republika.co.id/berita/trendtek/internet/19/09/20/py3y1f463-masyarakat-tak-lagi-nonton-tv-benarkah)




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i1.5665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id