Triple Energi Terbarukan Untuk Cold Storage Pada Kapal Penangkapan Ikan

Togar Timoteus Gultom

Abstract


Abstrak Indonesia memiliki beragam kelautan, yang mana nelayan Indonesia dari segi penghasilan yang sangat minim. Minimnya biaya operasional, bahan bakar minyak dan es balok, hal ini mesti di perhitungkan dimana biaya operasinal tersebut harus di minimalisir semaksimal mungkin, sehingga pendapatan nelayan akan meningkat dari segi ekonomis. Nelayan sangat mempunyai ketergantungan terhadap transportasi yang dipakai, bukan cuma menyangkut jumlah ikan yang didapat, hendak namun pula tentang keamanan serta keselamatan nelayan itu sendiri. Disana banyak terdapat nelayan-nelayan kecil yang pendapatan lautnya dibawah rata-rata, dan mereka banyak menggunakan kapal yang manual dan juga masih menggunakan es batu untuk penyimpanan ikan , sehingga banyak waktu dan dana yang terbuang. Permasalahan yang didapat untuk penelitian ini adalah berapa kapasitas cold storange pada kapal ikan, perubahan tegangan AC ke DC pada cold storange dan kontruksi / instalasi cold storange pada kapal penangkap ikan. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan daya listrik cold storage pada kapal penangkapan ikan, menganalisa cold stroge pada kapal dan menganalisis konstruksi dan instalasi cold storage pada kapal penangkap ikan. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu Perencanaan Kapal Nelayan Penangkap Ikan Triplle Energy Terbarukan dengan 3 konsep tenaga listrik yakni panel surya, turbin angin, dan gelombang suara (frekuensi) maka dapat disimpulkan untuk semua perangkat elektrik yang ada di kapal, Dalam perancangan kebutuhan listrik baterai akan disuplai langsung oleh panel surya dan difokuskan untuk kebutuhan listrik pada mesin dan bagian instalasi penenrangan lainnya yang ada di kapal nelayan ini sehingga akan menghemat energi yang ada, begitu juga untuk kapasitas cold storage pada kapal penangkap ikan ini sangat membantu bagi para nelayan dikarenakan hemat untuk pengeluaran es batu yang biasa dilakukan para nelayan untuk penyimpanan ikan.

Kata kunci : Triple Energi Terbarukan, Cold Storange, Kapal Nelayan

Abstract Indonesia has a variety of marine areas, where Indonesian fishermen in terms of income are very minimal. The minimum operational costs, fuel oil and ice blocks, this must be taken into account where these operational costs must be minimized as much as possible, so that fishermen's income will increase from an economic point of view. Fishermen are very dependent on the transportation used, not only regarding the number of fish they get, but also about the safety and security of the fishermen themselves. There are many small fishermen whose marine income is below average, and they use a lot of manual boats and also still use ice cubes for fish storage, so a lot of time and money is wasted. The problems obtained for this research are how much is the capacity of cold storage on fishing vessels, changes in AC to DC voltage on cold storage and construction / installation of cold storage on fishing vessels. The purpose of this study is to utilize the electrical power of cold storage on fishing vessels, analyze cold stroge on ships and analyze the construction and installation of cold storage on fishing vessels. The results obtained from this study are Renewable Energy Triple Energy Fishing Fishing Vessels with 3 concepts of electric power namely solar panels, wind turbines, and sound waves (frequency) so it can be concluded for all electrical devices on the ship, In designing battery electricity needs will be supplied directly by solar panels and focused on the electricity needs of the engine and other parts of the lighting installation on this fishing boat so that it will save the existing energy, as well as for the cold storage capacity on the fishing vessel. This is very helpful for fishermen because it is economical to production of ice cubes which are usually done by fishermen for fish storage.

Keywords : Triple Renewable Energy, Cold Storage, Fishing Boats

Keywords


Triple Renewable Energy, Cold Storage, Fishing Boats

Full Text:

PDF

References


Hutagaol N M, 2016 Pengembangan Pelabuhan Belawan Dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Deli, 1920-1942 J Sej Citra Lekha 1, 1 p. 40.

2017 S N M I and Dina S, 2017 KEMISKINAN & NELAYAN TRADISIONAL DI KECAMATAN MEDAN BELAWAN KOTA MEDAN.

Faried A I Sembiring R and Hasanah U, 2021 Kesejahteraan Nelayan Di Kelurahan Tegalsari J Kaji Ekon dan Kebijak Publik 6, 1 p. 345252.

Habibi M A and Purnomo H, 2014 Kajian Penggunaan Motor Listrik DC Sebagai Penggerak Speedboat J Mhs Tek Elektro Univ Brawijaya 167 p. 17.

Putu I Saputra I Nyoman I Kumara S Gede C and Partha I, 2019 Perancangan Plts Untuk Perahu NelayanTradisional Sebagai Pengganti Genset J SPEKTRUM 6, 4 p. 102109.

Wibawa A Santosa B and Mulyatno I P, 2014 Pemanfaatan Tenaga Angin Dan Surya Sebagai Alat Pembangkit Listrik Pada Bagan Perahu Kapal 11, 3.




DOI: https://doi.org/10.30596/rele.v5i2.13091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.