ANALISA DAYA PADA PEMANFAATAN PANEL SURYA MENGGUNAKAN INVERTER LIMITER

Reinard Mika Mika, Hanny Hosiana Tumbelaka, Yusak Tanoto

Abstract


Sistem pembangkit listrik tenaga surya On-Grid skala kecil (panel surya) memiliki potensi besar untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di rumah tinggal. Namun, ada beberapa kendala yaitu ada daerah yang tidak menyediakan pemasangan meter ekspor – impor dan biaya pemasangan meter ekspor – impor yang tidak murah. Salah satu alternatif solusi untuk permasalahan ini adalah dengan menggunakan Grid Tie Inverter with Limiter (GTIL) untuk mencegah energi berlebih masuk ke jaringan listrik. Pada saat energi yang dihasilkan panel surya lebih besar dari beban terpasang, maka GTIL membatasi daya yang dihasilkan oleh panel surya menjadi sesuai dengan kapasitas beban terpasang. Makalah ini membahas pemanfaatan GTIL dan analisa rugi daya dari penggunaan sistem limiter. Dari hasil analisa, diketahui bahwa sistem limiter bekerja dengan melakukan pergerseran titik kerja panel surya sesuai dengan daya total beban terpasang, dan rugi daya dapat dikurangi dengan melakukan alokasi daya yang dihasilkan ke baterai.

Keywords


Panel surya; on-grid; grid tie inverter limiter; sistem limiter

Full Text:

PDF

References


I. Fitriana, “Outlook Energi Indonesia 2017”. BPPT, 2017.

F. Yusivar, M. Y. Farabi, R. Suryadiningrat, W. W. Ananduta and Y. Syaifudin, “Buck Converter Photovoltaic Simulator,” International Journal of Power Electronics and Drive System (IJPEDS), vol. 1, no.2, pp. 156-167, December 2011.

A. Julisman, “Prototipe Pemamfaatan Panel Surya Sebagai Sumber Energi pada Sistem Otomatis Atap Stadion Bola,” Jurnal Online Teknik Elektro, vol. 2, no. 1, pp. 35-42, 2017.

D. Kusdiana, “Panduan Pengelolaan Lingkungan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)”. Direktorat Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan, Kementerian ESDM, 2020.

S. Prajogo and B.H. Santoso, “Performance Analysis of Grid Tie Inverter with Power Limiter to Increase Utility Power Reduction in One Way kWh Meter Circuit,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1364, pp. 1-8, August 2019.




DOI: https://doi.org/10.30596/rele.v6i2.16051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.