Rele Analisa Koordinasi Setting Rele Mengurangi Daerah Padam Pada Penyulang PE6 Di PT. PLN (PERSERO) Rayon Kotanopan

Indra Roza, Agus Almi Nasution

Abstract


Peralatan proteksi pada jaringan tegangan menengah 20 kV berperan memutuskan gangguan yang dapat berakibat meluasnya daerah padam. Besar arus gangguan di pengaruhi setting peralatan proteksi di jaringan sehingga selektif pada daerah yang terkena gangguan. Koordinasi peralatan proteksi sangat dibutuhkan agar gangguan tidak meluas dan merugikan konsumen. PT. PLN (Persero) Rayon Kotanopan disuplai Gardu Induk Padang Sidempuan penyulang PE6. Besar reaktansi sumber penyulang PE6 adalah 0,2278 ohm, reaktansi trafo daya adalah 7.92 ohm dan impedansi 18,8094+j28,7535 ohm. Penyulang PE6 panjangnya mencapai 107 Kms, terdapat tiga peralatan proteksi utama di jaringan tegangan menegah yaitu, GH Pintu Padang, Recloser Perbangunan dan Recloser Maga. Kendala yang dihadapi ketiga peralatan proteksi tersebut adalah belum bisa berkoordinasi secara maksimal, sehingga gangguan yang terjadi pada jaringan tegangan menengah tidak bisa diback up oleh peralatan proteksi , sehingga daerah padam menjadi semakin luas. Besar arus gangguan tiga fasa 274,88 sampai dengan 8745,91 ampere, dua fasa 238,05 sampai dengan 7574,18 ampere, satu fasa ketanah 107,38 sampai dengan 285,65 ampere. Besar setting penyulang PE6 OCR 200 Amper menggunakan kurva standart Invers dengan Time Multiple Settingnya 0,09 sedangkan arus instantnya disetting 600 amper, setting Ground Fault Relai (GFR) arus setting 20 amper, menggunakan kurva standart invers Time Multiple settingnya 0,09 sedangkan arus instannya disettting 60 Amper. Dampak diperoleh hasil perhitungan arus gangguan hubung singkat dan setting peralatan proteksi yaitu: akan memudahkan petugas menentukan titik lokasi gangguan berdasarkan jenis gangguan dan arus gangguan yang muncul pada layar peralatan proteksi. Setting peralatan proteksi berkaitan dengan koordinasi antar peralatan proteksi bekerja sesuai dengan syarat-syarat baik antar peralatan proteksi membuat pelayanan penyaluran tenaga listrik tetap prima, mengamankan daerah kerjanya sehingga pemadaman akibat gangguan bisa diminimalisir. Recloser Maga dan recloser. Perbangunan yang tadinya jarang bekerja sekarang telah bekerja sesuai fungsinya mengamankan gangguan di wilayahnya.

Keywords


Analisis, Koordinasi Setting Rele, Gangguan, Penyulang FE6

Full Text:

PDF

References


Affandi, Irfan, 2009, Analisa Setting Relai Arus Lebih dan Relai Gangguan Tanah pada Penyulang Sadewa di GI Cawang, Universitas Indonesia, Jakarta.

Cooper, 2008, Kyle Form 6 Recloser Control, Cooper Power Systems, USA.

Djiteng Marsudi, 1990, Operasi Sistem Tenaga Listrik, Institut Sains dan Teknologi Nasional, Jakarta.

K Pribadi, Wahyudi SN, 2012, Koordinasi Proteksi Distribusi Pada Sistem Dasar, PT. PLN (Persero) Pusdiklat, Jakarta.

Kholis, Ikhwannul, 2013, Analisa Gangguan Hubung Singkat, Universitas Indonesia, Jakarta.

Schneider, 2008, N-Series Recloser with ADVC Controller, Schneider Electric, Australia.

Suhadi, Dkk., 2008, Teknik Distribusi Tenaga Listrik Jilid 3, Depeartemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Suswanto, Daman, 2009, Sistem Distribusi Tenaga Listrik, Universitas Negeri Padang, Padang.

William D. Stevenson, Jr.1993Analisa Sistem Tenaga Listrik edisi ke-empat,Erlangga, Jakarta.

I Roza.2018.Analisis Penurunan Cos phi dengan menentukan Kapasitas Kapasitior Bank Pada Pembangkit Tenaga Listrik Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Journal of Electrical and System Control Engineering.

I Roza.2018Analisa Pembangkit Pengatur Tegangan Pada Penyulang 20 kV (Aplikasi Gardu Induk PT PLN (Persero) Sei Rotan) Rekayasa Elektrikal dan Energi (RELE).

I Roza.2018.Analisis Tegangan Jatuh Lokasi Penempatan Trafo Distribusi 20 kV Untuk Penyaluran Energi Journal of Electrical and System Control Engineering.

Indra Roza.2019Analisa Perbaikan Drop Voltage dengan trafo sisip sistem distribusi JTR di PT. PLN (Persero) Rayon Perbaungan dengan Aplikasi Program Etap Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU.

Indra Roza,Faisal Irsan Pasaribu,Muhammad Fadlan Siregar,Syafriwel,Jhoni Hidayat. 2019. Analysis of OCR Setting and GFR 20 kV Power Transformer Substation Kualanamu North SumatraJournal Online Jaringan Pengajian Seni Bina (JOJAPS) Journal Online Jaringan Pengajian Seni Bina (JOJAPS) Journal Online Jaringan Pengajian Seni Bina (JOJAPS).




DOI: https://doi.org/10.30596/rele.v4i2.9528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.