Strategi Peningkatan Efisiensi Penggunaan Energi Listrik Melalui Sikap Pelaku Di Politeknik Tanjung Balai

Dedi Sanatra, Surya Hardi, Arnawan Hasibuan

Abstract


Energi listrik memegang peranan penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi, salah satunya di Politeknik Tanjungbalai. Permasalahan yang sering dijumpai adalah tingginya penggunaan daya listrik akibat kelalaian pengguna/pelaku dalam mengoperasikan peralatan elektronik, seperti lupa mematikan instrumen saat selesai menggunakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi efisiensi energi yang tepat yang dapat diterapkan di Politeknik Tanjungbalai. Sedangkan metode yang digunakan adalah gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Metode analisis penelitian ini menggunakan Contextual Interaction Theory (ICT) pada aktor dan kelompok sasaran yang terdiri dari motivasi, kognisi, dan kekuatan. Hasil analisis teoritis yang dilakukan terhadap sampel/pelaku di Politeknik Tanjungbalai dengan parameter perhitungan audit dan konsumsi energi menunjukkan bahwa interaksi kontekstual di Politeknik Tanjung balai mengalami gangguan dalam situasi interaksi, yang menggambarkan bahwa pelaksana memiliki motivasi negatif untuk melaksanakan program efisiensi energi yang ditunjukkan dengan sikap acuh tak acuh.

Keywords


Strategi, Efisiensi, Energi Listrik, Politeknik Tanjung Balai

Full Text:

PDF

References


D. G. Tabel, Analisis Kebutuhan Listrik di Provinsi Sumatra Utara dan Dampak Rencana Pembangkit Listrik Tenaga Air Batang Toru Datar Isi, vol. 2, 2020.

(Persero) PLN, Jelang Lebaran, PLN Tambah Pasokan 240 MW untuk Sumatera Utara, Sisran Pers PLN, Medan, Jun-2017.

BPS, Indonesia Dalam Angka, 2020th ed. Jakarta, 2020.

W. L. Leal Filho et al., Universities as Living Labs for Sustainable Development: Supporting the Implementation of the Sustainable Development Goals. London: Springer, 2019.

K. M. Cresswell, A. Worth, and A. Sheikh, Actor-Network Theory and its role in understanding the implementation of information technology developments in healthcare, BMC Med. Inform. Decis. Mak., vol. 10, no. 1, p. 67, 2010.

H. T. Bressers, 10. Implementing sustainable development: how to know what works, where, when and how, Gov. Sustain. Dev. Chall. Adapt. form to Funct, vol. 284, 2004.

G. Consuelo, E. D. Sevilla, and others, Research methods, Rex Print. Company. Quezon City, 2007.

K. A. Owens, Understanding how actors influence policy implementation: a comparative study of wetland restorations in New Jersey, Oregon, The Netherlands and Finland. Universiteit Twente/CSTM, 2008.

A. Wahid, Analisis Kapasitas dan Kebutuhan Daya Listrik untuk Menghemat Penggunaan Energi Listrik di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Tanjungpura University, 2014.

Clive and Beggs, Energy Management, Supply and Conservation, Second. New York: Roudledge,.

P. Brynard, Policy implementation: Lessons for service delivery, J. public Adm, vol. 40, no. 3, pp. 649664, 2005.

A. P. D. Cotton, and C. Shiel, Energy saving on campus: A comparison of students attitudes and reported behaviours in the UK and Portugal, J. Clean. Prod., vol. 129.

C. Trimunandar, Audit Energi untuk Efisiensi Listrik di Gedung B Universitas Dian Nuswantoro, pp. 17, 2005.

B. Salpanio, R., Warsito, A. & Winardi, Audit Energi Listrik Pada Gedung Kampus Undip Pleburan Semarang, Semarang, 2007.




DOI: https://doi.org/10.30596/rele.v4i2.9557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.