Analisis Pengaruh Besar Gesekan Terhadap Tegangan Thermal Pada Sepatu Rem Mobil Ketebalan 8 mm Menggunakan Perangkat Lunak Msc.Nastran V.9

Sudirman Lubis

Abstract


Kegagalan pengereman lebih dikenal sebagai kegagalan rem disebabkan oleh banyak faktor, tetapi salah satu faktor adalah karena kelebihan panas yang terjadi dalam kondisi pengereman optimal ketika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dan jarak tempuh yang cukup. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh hasil simulasi tegangan termal saat pengereman, di area khusus sepatu rem dengan ketebalan 8 mm. Namun, ini tidak mungkin sepatu rem dianalisis secara manual karena sepatu rem memiliki banyak simpul, bahkan hingga ribuan simpul. Jadi kita perlu dukungan perangkat lunak penyelesaian metode elemen hingga MSC. NASTRAN V9 untuk mensimulasikan distribusi distribusi temperatur pada sepatu rem untuk memudahkan analisis. Tegangan thermal yang terjadi pada sepatu rem dengan ketebalan 8 mm dalam penelitian ini bahwa desain sepatu rem model 2 memiliki tegangan thermal 6,1023 Mpa maksimum dan 0,1014 Mpa Minimum yang lebih rendah dibandingkan sepatu rem model 1 tegangan thermal 6,1992 Mpa maksimum dan 1,525 Mpa Minimum. Dengan selisih pengujian maksimum sebesar 1,56 % dan minimum sebesar 93,35 %.


Keywords


Kata Kunci: Kelebihan Panas, Gores Lapangan, Sepatu Rem, Tegangan Termal

Full Text:

PDF

References


. Wahyudi, D., Amelia. 2002, Optimasi Kekerasan Kampas Rem Dengan Metode Desain Eksperimen, Diakses 19 November 2008 dari www.petra.ac.id/~puslit/journals/pdf.php?PublishedID=MES02040108

. Shigley, Joseph E. Mischke,Charles R. Budynas, Richard G. 2008, Mechanical Engineering Design, Edisi kedelapan. McGraw-Hill, USA.

. Gotowicki, Pier. et.al. 2005, Numerical And Experimental Analysis Of A Pegs-Wing Ventilated Disk Brake Rotor, With Pads And Cylinders. EAEC 2005. http://www.google.com. Accessed January 10, 2007.

. Gere, Timoshenko.(2000). Mekanika Bahan, jilid 1. Penerjemah. Bambang Suryoatmono, Ir, MSc,Phd. Edisi keempat. PT. Erlangga, Jakarta.

. Holman, J. P. 1995. Perpindahan panas, Edisi Keenam, Terjemahan Ir. E. Jasjfi, Erlangga, Jakarta.

. Valvano, Thomas., Lee, Kwangjin. 2000. An Analytical Method to Predict Thermal Distortion of a Brake Rotor. SAE paper 2000-01-0445.http://www.google.com. Accessed November 02, 2007.

. Sularso., Prof. Kiyosuga. 1987, Dasar-Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Edisi Ketiga, Penerbit PT. Pradiya Paramitha, Jakarta.

. Sonief, A.Asad, Ir,MT. 2003, Diktat Metode Elemen Hingga Fakultas Teknik Mesin Universitas Brawijaya,Malang.

. Syahril, Ridwan. 2004, Pemodelan dan Analisa Tegangan Statis Pada Roda Gigi Lurus Berbantuan Komputer. Tugas Ahir Teknik Mesin Institut Teknologi Medan, Medan.

. Bakar, Abu, Abd, Rahim., Huajiang, Ouyang. 2005. Prediction Of Disc Brake Contact Pressure Distributions By Finite Element Analysis Universiti Teknologi Malaysia.

. Kurniawan, Ade. 2008, Analisa Distribusi Tegangan Thermal pada Disk Brake Ventilasi dan Non Ventilasi dengan Menggunakan Software Simulasi Msc. Nastran Tugas Akhir Teknik Mesin Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

. Sembiring, Harsa Delanis. 2008, Studi Analisis Pengaruh Kekuatan Backing Plate Dan Temperatur Pengereman Terhadap Modus Kegagalan Blok Rem Komposit Pada Kereta Dan Gerbong, Tugas Akhir. Teknik Mesin. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

. http://www.wikipedia.com




DOI: https://doi.org/10.30596/rmme.v2i1.3068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License

Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi  is abstracting & indexing in the following databases: 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statcounter View My Stats RMME