Tinjauan Efektifitas Minyak Perawan Buah Kelapa Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah

Yenita FK UMS

Abstract


Kesehatan adalah harta manusia yang paling berharga. Manusia tidak jarang harus mengeluarkan biaya sedikit untuk memulihkan kesehatan yang terganggu. Diabetes melitus merupakan penyakit kronis metabolik yang memerlukan pengelolaan seumur hidup baik pengobatan farmakologis maupun non farmakologis. Salah satu masalah besarnya biaya pengobatan jangka panjang, sehingga perlu mencari obat antidiabetes yang relatif murah dan terjangkau masyarakat. Sebagai salah satu alternatif adalah dengan menggali khasanah budaya bangsa melalui penelitian tentang obat tradisional yang sudah lama digunakan masyarakat Indonesia.

Pohon kelapa telah mendampingi kehidupan bangsa Indonesia sejak jaman nenek moyang ribuan tahun yang silam. Nenek moyang kita juga telah memahami pohon kelapa memiliki daya guna yang cukup tinggi, semua bagian pohon kelapa memberi manfaat bagi kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia.1 Minyak kelapa sejak dulu digunakan di dapur oleh emak-emak dan sang nenek menyemir rambutnya dengan menggunakan minyak kelapa . Mengonsumsi minyak kelapa sebagai obat, juga sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia misalnya, ibu yang akan melahirkan selalu dianjurkan untuk mengonsumsi minyak kelapa setengah gelas menjelang melahirkan. Khasiatnya agar proses persalinan menjadi lebih mudah dan lancar. Tidak hanya itu, ASI pun menjadi lebih lancar.2

Minyak kelapa murni/VCO merupakan salah satu hasil olahan dari buah kelapa (Coconos nicifera). Tanaman kelapa banyak tumbuh di daerah tropis sehingga minyaknya disebut juga minyak tropis (tropical oil). Pada tahun 1950-an para peneliti Amerika menganggap minyak kelapa adalah penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah. Namun pada tahun 1954 peneneliti muda bernama, David Kritchevsky membantahnya dengan mempublikasikan dari hasil penelitiannya.3

Saat ini boleh dikatakan VCO adalah karunia Allah SWT kepada umat manusia, terutama untuk kesehatan.2 VCO dapat digunakan dalam pencegahan maupun pengobatan berbagai penyakit (panacea), diantaranya penyakit diabetes melitus . Diabetes melitus adalah suatu kondisi dimana konsentrasi glukosa dalam darah tinggi (hiperglikemia) akibat dari kekurangan insulin atau fungsi insulin tidak efektif. Penyakit ini telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan kini dikenal sebagai penyakit akibat dari pola hidup modern.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/bf.v1i2.840

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/bf.v1i2.840.g778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL BULETIN FARMATERA

Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.

Contact (WA): 0812-6208-2844

E-mail: farmatera@umsu.ac.id


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statcounter View My Stats Buletin Farmatera