Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Regulasi Diri Melalui Layanan Informasi Pada Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Sitiung

Titik Sugesti, Mori Dianto, Suryadi Suryadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang bolos saat jam pembelajaran, adanya peserta didik yang menyontek saat ulangan harian dan ujian, dan adanya peserta didik yang bermain HP ketika jam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait menempatkan standar dan tujuan. 2.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait instruksi diri. 3.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait aspek self-monitoring. 4). Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait evaluasi diri.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 31 orang peserta didik, sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 31 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan rumus persentase.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: 1.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait standar dan tujuan berada pada kategori baik. 2.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait instruksi diri berada pada kategori baik. 3.)  Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait self-monitoring berada pada kategori baik. 4.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait evaluasi diri berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk meningkatkan regulasi diri peserta didik kearah yang lebih positif lagi menjadi sangat baik


Keywords


Regulasi Diri, Layanan Informasi

References


Abdillah, Helnny Syafriana Nasultion.2019. Bimbingan dan Konselling “Konselp, Telori, dan Aplikasinya”. Meldan: Lelmbaga Peldulli Pelngelmbangan Pelndidikan Indonelsia (LPPPI).

Hastulti, R., Rahman, Ul., & Mulchlisah. 2019. Pelngarulh Relgullasi Diri (Sellf Relgullation) dan Motivasi Bellajar telrhadap Hasil Bellajar Biologi pada Pelselrta Didik Kellas XI MIA MAN 1 Bullulkulmba. Julrnal Al-Ahya. Vol 1, No 1, 42–52.

Hayati, I., Nita, R. W., & Mullyani, R. R. 2021. Relgullasi Diri Pelselrta Didik dalam Pelmbellajaran Daring pada Masa Pandelmi Covid-19 di Kellas XI SMAN 2 Kinali. Julrnal Ittihad. Vol 5, No 2, 47–51.

Hayati, R. I. A. 2019. Implelmelntasi Pelndidikan Karaktelr Celrdas Format Klasikal ( PKC-KA ) dalam Layanan Informasi. Julrnal Pelndidikan dan Konselling. Vol 9, No 1, 89–101

Hidayat, A. 2019. Hulbulngan Relgullasi Diri delngan Prelstasi Bellajar Kalkulluls Ii Ditinjaul Dari Aspelk Meltakognisi, Motivasi dan Pelrilakul. Joulrnal of Chelmical Information and Modelling. Vol 53, No 9, 1689–1699.

Mullyadi. 2016. Bimbingan Konselling di Selkolah & Madrasah. Jakarta: Prelnada Meldia Groulp

Ormrod, El.J. 2012. Psikologi Pelndidikan, Eldisi kel 6 Jilid 2. Jakarta: Elrlangga

Praseltyana, Z., & Mariyati, L. I. 2020. Hulbulngan Antara Relligiulsitas delngan Relgullasi Diri pada Santri Madrasah Diniyah di Sidoarjo. PSYCHEl: Julrnal Psikologi. Vol 2, No 2, 76–86.

Prayitno, & Amti, Elrman, 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konselling. Jakarta: PT Rinelka Cipta

Tohirin. 2009. Bimbingan dan Konselling di Selkolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Pelrsada




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.