Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Alat Media Busa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Upt.Sd. Negeri 12 Dahari Indah Kabupaten Batu Bara Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: 1) Apakah dengan menggunakan alat peraga murah dalam pembelajaran dapat mening katkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika khususnya kemampuan berhi tung siswa kelas V SD Negeri 12 Dahari Indah -Kabupaten Batu Bara. 2) Apakah dengan menggunakan alat peraga murah dapat meningkatkan minat hitung siswa kelas V SD Negeri 12 Dahari Indah -Kabupaten Batu Bara; 3) Apakah dengan menggunakan alat peraga murah dapat meningkatkan aktivitas pem belajaran siswa kelas V SD Negeri 12 Dahari Indah -Kabupaten Batu Bara. Metode penilitan ini dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subyek yang diteliti adalah siswa kelas 5 SD Negeri 12 Dahari Indah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Penggunaan media busa pada pelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar operasi hitung campuran bilangan bulat 2) Rata-rata nilai siswa pada saat Tes Awal sebesar 58,75 % dengan ketuntasan be lajar sebesar 0 %, namun setelah dilakukan tindakan pada siklus I di dapat ra ta- rata hasil belajar sebesar 76,66 % dimana 19 orang siswa atau 73 % siswa su dah mencapai tingkat ketuntasan belajar (Jumlah nilai 70), Pada siklus II ini didapat rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 86,92 % dimana 26 orang siswa atau 100 % siswa sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar (jumlah nilai 70). 3) Bahwa penggunaan media busa dapat meningkatkan nalar siswa untuk mema hami pelajaran matematika dengan lebih mudah dan jelas karena dipelajari seca ra langsung melalui demontrasi yang dilakukan oleh siswa sendiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. 1999, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Amin Mustofa,Buchori, 2008, Senang Matematika untuk SD/MI kelas 2, Penerbit Pusat perbukuan Depdiknas, Jakarta
Arikunto, Suharsini,2008, Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Arsyad, Azhar, 2000, Media Pengajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Yrama Widya : Bandung.
Baharuddin, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.
Basri,Amin. (2024) Learning Media Innovation Through Indonesian Subjects In Grade II Elementary School. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/61176
Bundu, Patta. 2006. Penelitian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Depdiknas: Jakarta.
Hamzah, B Uno, 2005, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta
Haryanto, 2006, Buku Pelajaran Matemamtika Untuk Kelas IV SD, Erlangga: jakarta.
Muhibbinsyah, 2004, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Penerbit Remaja Rosda Karya, Bandung.
Mulyasa, E, 2007, Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan).Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung.
Munandar, dkk, 2003, Psikologi Belajar, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sagala Saiful, 2003, Konsep Dan Makna Pembelajaran, Penerbit Alfabete, Bandung.
Sanjaya Wina, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan, Penerbit Kencana, Bandung.
Slameto, 2003, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Suryosubroto, 1996, Proses Belajar Mengajar Disekolah, Penerbit Rineka Cipta, Yogyakarta.
Sutikno Sobri, 2009, Belajar Dan Pembelajaran, Penerbit Prospect, Bandung.
Undang-Undang System Pendidikan Nasional Tahun 2003 (Online) (http : www. DEPDIKNAS. Go. Id).
https://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html
https://www.gramedia.com/literasi/media/ https://id.wikipedia.org/wiki/Busa.
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.16647
Refbacks
- There are currently no refbacks.