Efektivitas Pengembangan Budaya Literasi dan Numerasi (Studi di SD 165727) Kota Tebing Tinggi)

Sandi Mardian Damanik, Elfrianto Elfrianto, Amini Amini

Abstract


Efektivitas Pengembangan Budaya literasi dan Numerasi (Studi di SD 165727) Tebing Tinggi. Tujuan penelitian ini: 1) Bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pengembangan budaya literasi numerasi, 2) Bertujuan untuk mengetahui efektivitas literasi numerasi di SD 165727. Efektivitas mengembangkan budaya literasi numerasi di sekolah SD 165727 dilakukan dengan cara: (1) membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang atau program tahunan. (2) membuat rencana operasional sebagai tindak lanjut dari tahap pertama. Hasil penelitian ini menunjukkan: Gambaran efektivitas pengembangan budaya literasi dan Numerasi ditandai dengan adanya pembiasaan kegiatan membaca dan berhitung yang kegiatannya dilakukan di perpustakaan, pojok baca, taman, dan pohon baca baik pada jam istrahat maupun pada jam pembelajaran. (3) Pengembangan Budaya literasi dan Numerasi SD 165727 dengan membaca dan berhitung 15 menit sebelum memulai pelajaran dimulai di SDN 165721 dengan tujuan menjadikan siswa gemar membaca dan berhitung merupakan kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai nilai Literasi dan Numerasi dalam diri siswa. Efektivitas literasi numerasi SD 165727 bahwa pelaksanaan literasi dan numerasi efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan berhitung. Selain itu dengan program budaya literasi dan numerasi juga dapat menekan angka kenakalan pada siswa, serta mampu meningkatkan jiwa semangat belajar, menambah kemampuan membaca dan berhitung siswa, dan membentuk karakter siswa.


Keywords


Effectiveness of Cultural Development of Literacy and Numeracy

References


Abdul Latip, Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19, (jurnal: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran,Vol. 1, No. 2 2020)

A. Pratiwi, E. N. K. Asyarotin , Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia (jurnal: Kajian Informasi & Perpustakaan Vol. 7, No. 1, 2019)

Arthur, L. S.. Mathematics and Numeracy: Two Literacies, One Language. The Mathematics Educator (Journal of the Singapore Association of Mathematics Educators, 2001)

Aprida Niken Palupi dkk., Peningkatan Literasi Di Sekolah Dasar ( Jakarta : Bayfa Cendekia Indonesia, 2020),

Darmadi , Membaca Yuk : Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini” (t.t.p : GUEPEDIA, t.t),

Farid ahmad, hamidulloh, konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0, (semarang: CV.Pilar nusantara, 2020)

Gufron, A. M., Basir, M. A., & Aminudin, M. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Tes Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Newman’s Analysis Eror. Prociding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (2021)

Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2011). Improving numeracy education in rural schools: A professional development approach. Mathematics Education Research Journal, (2012)

Kemendikbud. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017)

Lina Marlina,“Kebiasaan Membaca di Jepang: 10 Menit Setiap Hari di Sekolah,” 2011.

Muthiah Nurul Miftah , Edwin Rizal, Rully Khairul Anwar, Pola Literasi Visual Infografer Dalam Pembuatan Informasi Grafis (jurnal: Kajian Informasi & Perpustakaan Vol.4 No.1, 2016,

Muhammadi at.al., “Literasi Membaca Untuk Memantapkan Nilai Sosial Siswa SD,” LITERASI 17, No. 2. 2018

Nurchaili, “Menumbuhkan Budaya Literasi melalui Buku Digital “, LIBRIA, Vol. 8, no 2, 2016.

Pangesti, F. T. P. Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org (2018)

Sa’adah, A., Ningrum, F. Z., & Farikha, N. Scaffolding Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNIKAL, 2021.

Sjafiatul Mardliyah,Hotman Siahaan, Tuti Budirahayu, Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam jurnal :sosiologi Universitas Airlangga Surabaya Vol.4 no. 2 (2020)

Suciani, H. Efektivitas Video Matematika Dengan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi SPLDV Kelas VIII SMPN 22 Kota Jambi. Universitas Jambi, 2021.

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2021.

Yulisa Wandasari, implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter, (jurnal manajemnen pendidikan dan supervise pendidikan, 2020.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.