EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI ABAD 21 DI UPTD SPF SDN UJUNG LIMUS ACEH SINGKIL

Eko Santoso, Elfrianto Elfrianto, Astri Novia Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas budaya literasi sekolah di UPTD SPF SDN ujung Limus Aceh Singkil. penelitian ini dilaksanakan di UPTD SPF  SDN  Ujung  Limus  Aceh  Singkil dari  bula  januari 2023  sampai dengan februari 2024 dengan menggunakan tekhnik analisis data observasi wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dengan menggunakan reduksi ata, penyajian data dan penarik kesimpulan.  Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Dan Numerasi Abad 21 di UPTD SPF SDNegeri Ujung Limus   Negeri meliputi (1)“Merencanakan dan melaksanakan kegiatan yang melibatkan orang tua dan masyarakat.” (2)“menciptakan ruang-ruang baca yang nyaman bagi warga sekolah”, (3)“memanfaatkan  sarana  prasarana  sekolah  dengan  maksimal  untuk memfasilitasi   pembelajaran       berbasis   literasi”   dan   (4)“mengawasi   dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Dan Numerasi Abad 21di UPTD SPF SDN  Ujung Limus Aceh Singkil meliputi Model   Budaya Literasi visual peserta didik di UPTD SPF SDN Ujung Limus Aceh  Singkil,  Model    Budaya  Literasi  Tekhnologi  peserta  didik  dan  Model Budaya Literasi Mediapeserta didik di UPTD SPF SDN Ujung Limus Aceh Singkil.  Pengevaluasian Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Dan Numerasi Abad 21di UPTD SPF SDN   Ujung Limus Aceh Singkil mendongkrak kualitas minat   baca   peserta   didik   melalui   Program   literasi.   dan   Prioritas   untuk memberantas dan meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia khususnya dunia   pendidikan.   Efektivitas   Pendidikan   Karakter   Berbasis   Literasi   Dan Numerasi Abad 2121di UPTD SPF SDN   Ujung Limus Aceh Singkil Tingkat kecendrungan adanya peningkatan literasi dan numerasi dengan nilai mean 62.00%, median atau  nilai tengah 65.00  %  Nilai Modus 55  ,Standar  Deviasi 7,722, dengan nilai minimum 47 dan nilai maksimum 70, dari data diatas maka dapat disimpulkan efektivitasPendidikan Karakter Literasi Dan Numerasi   Abad 21 Di UPTD SPF SDN Ujung Limus Aceh Singkil.


Keywords


Effectiveness Literacy, Numeracy

References


Amini, (2018). Teachers And Education of Character Instillation (Research Result at Private Elementary School of Muhammadiyah in Medan). International jurnal of language researche and Education Studies,2(1)

Amini, Syamsuyurnita, Hasnidar. (2016). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan PengabdianDosen, 1(1).

Antoro, Billy. (2018). 21st Century Educator: MenyongsongTransformasi Pendidikan 4.0. Kemendikbud: Jakarta

Asrul, dkk. (2015). EvaluasiPembelajaran. Bandung: Citapustaka Media. Ayuningtyas, & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru

Bungin, Burhan. (2018). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Dalyono, B., dkk. (2017). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah.JurnalBangunRekaprima, 2, 33-42.

Dimyati dan Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta dan Depdikbud.

Ahmadi, Abu. (2014). Psikolog Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta

Elfrianto Nasution, Mara Doli Nasution, Feri Haryati (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB. Jurnal pendidikan matemtaika, 6(1)

Elfrianto. (2016). Pengaruh Metode Savi Dan Metode Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah Medan. Jurnal edutech, 2(1)

Eflrianto. (2022). Kegiatan Kepelatihan Guru Kelas Rendah Tentang Penuntasan Calistung Sekolah Dasar Wilayah Kabupaten Aceh Tenggara.Jurnal Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 5(1)

Elfrianto, Lesmana, (2022). Metode penelitian pendidikan. Medan: Umsu press

Fury StyoSiskawati, dkk. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. Konferensi Pendidikan Nasional Vol 3(1).

Haerudin. (2018). Pengaruh Literasi numerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 401 – 409

Hidayah, I. R., Kusmayadi, T. A., &Fitriana, L. (2021). Minimum Competency Assessment (Akm): An Effort to Photograph Numeracy. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 11(1), 14.

http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm Ni Kadek Kasi Widiantari, I NengahSuparta, mengaturtentangkewenanganKabupaten/Kota

https://www.acehtrend.com/news/tanamkan-pendidikan-karakter-untuk-siswa- sma-dan-smk-dinas-pendidikan-di-subulussalam-singkil-gandeng- polres/index.htmldiakses pada tanggal 23 februari 2023

Huda, T. P. (2019). Mendedah Inti Penguatan Pendidikan KarakterDalamPembelajaranMetabahasa.Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1): 66-73.

Joko Widodo. (2011). Analisis Kebijakan Publik. Bayumedia: Malang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017

Kemendikbud. (2017b). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu MasukPembenahan Pendidikan Nasional.

Kemendikbud. (2017). MateriPendukungLiterasNumerasi. KEMENDIKBUD: Jakarta

Kemendikbud. (2018b). Panduan PraktisImplementasiPenguatan Pendidikan Karakter (PPK) BerbasisKelas. Jakarta: Pusat Analisis dan SinkronisasiKebijakan.

Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat. KurikulumPerbukuan

Kesuma, Dharma. (2018). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kholifah Sa’idah, N., Fajriyah, K., & Cahyadi, F. (2019). Studi Kasus Perilaku Menyimpang Siswa Di SD Negeri Gayamsari 01. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(2), 117.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21 SIPATAHOENAN: South-East Asian.Journal for Youth, Sports & Health Education. 4(1): 17-26




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.