EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI ABAD 21 DI UPTD SPF SDN UJUNG LIMUS ACEH SINGKIL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas budaya literasi sekolah di UPTD SPF SDN ujung Limus Aceh Singkil. penelitian ini dilaksanakan di UPTD SPF SDN Ujung Limus Aceh Singkil dari bula januari 2023 sampai dengan februari 2024 dengan menggunakan tekhnik analisis data observasi wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dengan menggunakan reduksi ata, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Dan Numerasi Abad 21 di UPTD SPF SDNegeri Ujung Limus Negeri meliputi (1)“Merencanakan dan melaksanakan kegiatan yang melibatkan orang tua dan masyarakat.” (2)“menciptakan ruang-ruang baca yang nyaman bagi warga sekolah”, (3)“memanfaatkan sarana prasarana sekolah dengan maksimal untuk memfasilitasi pembelajaran berbasis literasi” dan (4)“mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Dan Numerasi Abad 21di UPTD SPF SDN Ujung Limus Aceh Singkil meliputi Model Budaya Literasi visual peserta didik di UPTD SPF SDN Ujung Limus Aceh Singkil, Model Budaya Literasi Tekhnologi peserta didik dan Model Budaya Literasi Mediapeserta didik di UPTD SPF SDN Ujung Limus Aceh Singkil. Pengevaluasian Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Dan Numerasi Abad 21di UPTD SPF SDN Ujung Limus Aceh Singkil mendongkrak kualitas minat baca peserta didik melalui Program literasi. dan Prioritas untuk memberantas dan meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia khususnya dunia pendidikan. Efektivitas Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Dan Numerasi Abad 2121di UPTD SPF SDN Ujung Limus Aceh Singkil Tingkat kecendrungan adanya peningkatan literasi dan numerasi dengan nilai mean 62.00%, median atau nilai tengah 65.00 % Nilai Modus 55 ,Standar Deviasi 7,722, dengan nilai minimum 47 dan nilai maksimum 70, dari data diatas maka dapat disimpulkan efektivitasPendidikan Karakter Literasi Dan Numerasi Abad 21 Di UPTD SPF SDN Ujung Limus Aceh Singkil.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amini, (2018). Teachers And Education of Character Instillation (Research Result at Private Elementary School of Muhammadiyah in Medan). International jurnal of language researche and Education Studies,2(1)
Amini, Syamsuyurnita, Hasnidar. (2016). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan PengabdianDosen, 1(1).
Antoro, Billy. (2018). 21st Century Educator: MenyongsongTransformasi Pendidikan 4.0. Kemendikbud: Jakarta
Asrul, dkk. (2015). EvaluasiPembelajaran. Bandung: Citapustaka Media. Ayuningtyas, & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru
Bungin, Burhan. (2018). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Dalyono, B., dkk. (2017). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah.JurnalBangunRekaprima, 2, 33-42.
Dimyati dan Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta dan Depdikbud.
Ahmadi, Abu. (2014). Psikolog Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta
Elfrianto Nasution, Mara Doli Nasution, Feri Haryati (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB. Jurnal pendidikan matemtaika, 6(1)
Elfrianto. (2016). Pengaruh Metode Savi Dan Metode Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah Medan. Jurnal edutech, 2(1)
Eflrianto. (2022). Kegiatan Kepelatihan Guru Kelas Rendah Tentang Penuntasan Calistung Sekolah Dasar Wilayah Kabupaten Aceh Tenggara.Jurnal Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 5(1)
Elfrianto, Lesmana, (2022). Metode penelitian pendidikan. Medan: Umsu press
Fury StyoSiskawati, dkk. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. Konferensi Pendidikan Nasional Vol 3(1).
Haerudin. (2018). Pengaruh Literasi numerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 401 – 409
Hidayah, I. R., Kusmayadi, T. A., &Fitriana, L. (2021). Minimum Competency Assessment (Akm): An Effort to Photograph Numeracy. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 11(1), 14.
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm Ni Kadek Kasi Widiantari, I NengahSuparta, mengaturtentangkewenanganKabupaten/Kota
https://www.acehtrend.com/news/tanamkan-pendidikan-karakter-untuk-siswa- sma-dan-smk-dinas-pendidikan-di-subulussalam-singkil-gandeng- polres/index.htmldiakses pada tanggal 23 februari 2023
Huda, T. P. (2019). Mendedah Inti Penguatan Pendidikan KarakterDalamPembelajaranMetabahasa.Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1): 66-73.
Joko Widodo. (2011). Analisis Kebijakan Publik. Bayumedia: Malang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017
Kemendikbud. (2017b). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu MasukPembenahan Pendidikan Nasional.
Kemendikbud. (2017). MateriPendukungLiterasNumerasi. KEMENDIKBUD: Jakarta
Kemendikbud. (2018b). Panduan PraktisImplementasiPenguatan Pendidikan Karakter (PPK) BerbasisKelas. Jakarta: Pusat Analisis dan SinkronisasiKebijakan.
Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat. KurikulumPerbukuan
Kesuma, Dharma. (2018). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kholifah Sa’idah, N., Fajriyah, K., & Cahyadi, F. (2019). Studi Kasus Perilaku Menyimpang Siswa Di SD Negeri Gayamsari 01. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(2), 117.
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21 SIPATAHOENAN: South-East Asian.Journal for Youth, Sports & Health Education. 4(1): 17-26
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19322
Refbacks
- There are currently no refbacks.