ANALISIS PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Masalah pada penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran, dimana ada peserta didik yang bercerita dan menjahili teman sebangkunya, takut dan cenderung merasa bosan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemberian penghargaan terhadap minat belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru dan objek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 224 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian ini pada observasi pertama didapatkan persentase sebanyak 72,22% mengkategorikan Baik pada keseluruhan siswa yang tampak, sedangkan pada siswa yang berani mengemukakan pendapat sebanyak 44,44% mengkategorikan Cukup Baik. Untuk observasi kedua didapatkan presentase sebanyak 82,87% dimana keseluruhan siswa yang tampak berkategori Sangat Baik dan siswa yang berani mengemukakan pendapat sebanyak 66,66% berkategori Baik. Sedangkan dari pengisian angket dari hasil penelitian dengan 27 responden yaitu skor 3.217 termasuk kategori dalam Sangat Baik atau jika di persenkan menjadi 79,43% maka hasil dari pemberian reward terhadap minat belajar siswa dikatakan Sangat Baik. Berdasarkan keterangan diatas siswa kelas IV di SD Negeri 224 Palembang menyatakan bahwa pemberian reward terhadap minat belajar siswa pada kategori Sangat Baik.
Kata Kunci : Belajar, Minat, Reward
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, dimana terdapat siswa yang bercerita dan meniru teman sekelasnya, merasa takut dan cenderung merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemberian hadiah terhadap minat belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru dan objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 224 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan simpulan. Hasil penelitian ini pada observasi pertama diperoleh presentase sebesar 72,22% berkategori Baik untuk seluruh siswa yang tampil, sedangkan untuk siswa yang berani menyampaikan pendapat sebanyak 44,44% berkategori Cukup Baik. Untuk observasi kedua diperoleh presentase sebesar 82,87% dimana seluruh siswa yang tampil berkategori Sangat Baik dan siswa yang berani menyampaikan pendapat sebanyak 66,66% berkategori Baik. Sementara itu dari pengisian angket hasil penelitian dengan 27 responden yaitu skor 3.217 termasuk dalam kategori Sangat Baik atau jika dinyatakan dalam presentase sebesar 79,43% maka hasil pemberian reward terhadap minat belajar siswa dikatakan Sangat Baik. Berdasarkan keterangan di atas siswa kelas IV SD Negeri 224 Palembang menyatakan bahwa pemberian reward terhadap minat belajar siswa yang masuk dalam kategori Sangat Baik.
Kata Kunci: Minat, Penghargaan, Belajar
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, E., Ferdiansyah, M., & Syaflin, S. L. (2021). Kemampuan Pemahaman Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5, 47-56.
Agustyaningrum, N., Pradant, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5, 568-582.
Ahimsa, A. D. (2022). Pengaruh Metode Reward terhadap Kemampuan Bercerita Siswa SD Negeri 04 Majakerta. Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Anggraini , S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7, 221-229.
Arindy, W. D., Heryanto, A., & Syaflin, S. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Media Audio Visual. Journal on Teacher Education, 5(1), 565-576.
Astini, N. W., & Purwati, N. K. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, IX, 1-8. doi: 10.5281/zenodo.3742749
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2, 54-60. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.572
Fauziah, A. (2021). Implementasi Pemberian Reward Melalui Penggunaan Tabungan Bintang untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di TK As-Shidiqiyyah Kalisari Kecamatan Kalirejo Lampung Tengah. UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 1-68.
Kurniawati, W. (2021). Desain Perancanaan Pembelajaran. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 7, 1-10.
Laili, A. N., Faizah, A. S., Amanah, N., & Pratiwi, E. Y. (2022). Analisis Efek Pemberian Reward dan Ice BreakerTerhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SDN Kaliwungu 1 Jombang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1213-1215.
Lestari, N. D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kewirausahaan Dengan Metode Reword.
Lestari, N. D., Aptriyana, J., & Januardi. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di SMK SE-KECAMATAN KAYUAGUNG. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9, 86-94. doi:http://dx.doi.org/10.24127/pro.v9i2.4516
Magdalena, I., Rahmawati, D. D., Rizkyah, K., & Asriyah, R. (2020). Metode Pembelajaran Pemberian Reward terhadap Siswa Kelas 5 SD Bubulak 2 Kota Tangerang. Jurnal Edukasi dan Sains, 2, 114-122.
Meriyati. (2023). Memahami Karakteristik Anak Didik.
Muliani, R. D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2, 133-139. doi:https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Unsika, 2, 659-663.
Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 1, 672-681. doi: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92
Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2, 402-409. doi:https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332
Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan . Jakarta: Kencana.
Saputri, D., Ahmad, S., & Lestari, N. D. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi SMK Negeri 1 Palembang. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2).
Sari, D. K. (2020). Upaya Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SDN 10 BELUTU. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1, 59-71. doi:https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.1.59-71
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanti, P. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa melalui Pemberian Reward Bintang pada Siswa Kelas II SD Negeri 70 Palembang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Dasar, 2, 1-12.
Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8, 1516-1525. doi: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3003
Verawaty, & Izzati. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1278-1287.
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20356
Refbacks
- There are currently no refbacks.