Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU

Sri Wahyuni

Abstract


Kemampuan Pemahaman Konsep mahasiswa tidak hanya dipengaruhi oleh umpan balik hasil ujian tetapi banyak faktor yang lain, misalnya : metode dan model pembelajaran yang digunakan. Adapun tujuan penelitian ini; (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep mahasiswa mata kuliah kapita selekta matematika pendidikan dasar? (2) Berapa besar pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep mahasiswa mata kulliah kapita selekta matematika pendidikan dasar? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Adapun teknik analisis data dilakukan dari tahapan uji deskripsi data, selanjutnya uji prasyarat yaitu uji normalitas dan kelinieritasan, kemudian uji korelasi parsial. Langkah-langkah dalam penelitian adalah sebagai berikut : (1) Mahasiswa melakukan perencanaan; (2) Mendesain; (3) Melakukan presentasi awal; (4) Melakukan penelitian (riset mini),(5) Membuat laporan penelitian, (6) Melakukan presentasi akhir/evaluasi. Hasil penelitian ini memperoleh perhitungan sebesar 0.797 itu berarti merupakan pengaruh model pembelajaran project based learning berpengaruh sebesar 0,797 terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa prodi pendidikan matemtika FKIP UMSU.


Keywords


Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar, FKIP UMSU

Full Text:

PDF

References


Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston, VA : NCTM. 21.Jakarta: Galian Indonesia

Nasution, Marah Doli. "Approaches to School Supervision in Indonesian Context." 4th Asia Pacific Education Conference (AECON 2017). Atlantis Press, 2017.

Purniati, Tia. 2009. Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Kapita Selekta Matematika. Jurnal Penelitian. Vol 9 No. 1.

Ruseffendi. 1991. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Mengajar Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung :Tarsito.

Sudjana. 2005. Metoda Penelitian. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Nasution, M. D. (2017, October). Approaches to School Supervision in Indonesian Context. In 4th Asia Pacific Education Conference (AECON 2017). Atlantis Press.

Akrim, Akrim, Nurzannah Nurzannah, and Nurman Ginting. "Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan." JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2.2 (2018).

Gunawan, G., & Fanrenza, R. (2018, November). Motivation to Educate Lecturers in the Islamic Religion Faculty of Muhammadiyah University of Sumatera Utara. In PROCEEDINGS INTERNATIONAL CONFERENCE BKSPTIS 2018.

Nasution, Marah Doly. "Pendekatan Keterampilan Membaca Matematika." JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA" EUREKA" 1.1 (2018).

Gunawan, Gunawan, and Robie Fanrenza. "Motivation to Educate Lecturers in the Islamic Religion Faculty of Muhammadiyah University of Sumatera Utara." PROCEEDINGS INTERNATIONAL CONFERENCE BKSPTIS 2018. 2018.

Agussani, A. (2018). A Qualitative Study on the Role of Family and Social Circles among Women Entrepreneurs in Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Nasution, Dewi Kesuma. "Increasing The Students Reading Short Story Ability Through Brainstorm Sheet Technique." (2017).




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v5i1.2982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.