Strategi Peningkatan Peran Industri Rumah Tangga dan Industri Kecil dalam Mendukung Wisata Pantai Biru

Yufita Listiana, Sumarto Sumarto

Abstract


Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor terbesar dalam perekonomian dunia. Wisata pantai biru merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Bangkalan khususnya di Kecamatan Tanjung Bumi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi peran industri yang ada di wisata pantai biru serta bentuk apa saja keterlibatannya. Jika identifikasi sudah dilakukan maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah menyusun sebuah strategi dalam meningkatkan peran industri rumah tangga di Desa Telaga Biru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Adapun strategi yang diperoleh dari hasil penghitungan SWOT yaitu 1) Menjalin hubungan kerjasama antara pihak industri melalui event-event wisata, 2) Bantuan pemerintah perlu dilakukan dengan bersifat continue guna mencegah terjadinya koordinasi yang lemah antara industri dengan program wisata, dan 3) Meningkatkan pelatihan bagi pihak industri dan wisata untuk mengembangkan potensi industri.The tourism sector is one of the largest sectors in the world economy. Blue beach tourism is one of the tourist villages in Bangkalan Regency, especially in Tanjung Bumi District. The purpose of this research is to identify the role of the industry in blue beach tourism and what forms of involvement. If the identification has been carried out, the next step to be taken is to develop a strategy to increase the role of the household industry in Telaga Biru Village. The method used in this study is SWOT analysis. The strategies obtained from the results of the SWOT calculation are 1) Establishing cooperative relationships between the industry through tourism events, 2) Government support needs to be carried out in a continuous manner to prevent weak coordination between the industry and tourism programs, and 3) Increasing training for industry and tourism to develop industrial potential.

Keywords


Industry, Tourism, SWOT

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Indonesia. (2019). Statistik Wisatawan Nusantara 2018. In Badan Pusat Statistik Indonesia.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Laporan Perekonomian Global. In Badan Pusat Statistik. www.bi.go.id

Diana, P., Suwena, I. K., & Wijaya, N. M. S. (2017). Peran dan Pengembangan Industri Kreatif Dalam Mendukung Pariwisata di Desa Mas dan Desa Peliatan , Ubud. Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana,Denpasar Bali, 17(2), 84–92.

Hariyanto, O. I. B. (2016). Destinasi Wisata dan Budaya Di Cirebon. Ecodomica, IV(2), 214–222.

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi kreatif. (2020). Statistik Ekonomi Kreatif 2020 Creative Economic Statistics of 2020. In Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. www.kemenparekraf.go.id

Listiana, Y. (2022). Strategi Pemulihan Ekonomi Pariwisata Madura di Tengah Pandemi Covid 19 [Study di Wisata Laut Labuhan Kabupaten Bangkalan]. 2(November 2021), 1–12.

Mallick, S. K., Rudra, S., & Samanta, R. (2020). International Journal of Geoheritage and Parks Sustainable ecotourism development using SWOT and QSPM approach : A study on Rameswaram , Tamil Nadu. International Journal of Geoheritage and Parks, 8(3), 185–193. https://doi.org/10.1016/j.ijgeop.2020.06.001

Nisya, K., & Zakik, Z. (2022). Potensi Pengembangan Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi Objek: Wisata Pantai Biru Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi). Buletin Ekonomika Pembangunan, 3(1), 130–154. https://doi.org/10.21107/bep.v3i1.18508

Rakib, M., Makassar, U. N., Kampus, J. A. P. P., & Baru, G. (2017). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata. Jurnal Kepariwisataan, 01(02), 2580–5681.

Rosalina, P. D., Dupre, K., Wang, Y., Putra, I. N. D., & Jin, X. (2023). Rural tourism resource management strategies: A case study of two tourism villages in Bali. Tourism Management Perspectives, 49(March), 101194. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2023.101194

Sabon, V. L., Perdana, M. T. P., Koropit, P. C. S., & Pierre, W. C. D. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Pada ASEAN Economic Community. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 163–176. https://doi.org/10.15408/ess.v8i2.5928

Sahani, N. (2021). Application of hybrid SWOT-AHP-FuzzyAHP model for formulation and prioritization of ecotourism strategies in Western Himalaya, India. International Journal of Geoheritage and Parks, 9(3), 349–362. https://doi.org/10.1016/j.ijgeop.2021.08.001

Sesotyaningtyas, M., & Manaf, A. (2015). Analysis of Sustainable Tourism Village Development at Kutoharjo Village, Kendal Regency of Central Java. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 184(August 2014), 273–280. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.05.091

Susyanti, D. W., & Latianingsih, N. (2014). Potensi Desa melalui Pariwisata Pedesaan. Epigram, 11(1), 65–70.

Tranggono, D., Dwiridhotjahjono, J., Indira Aryani, M., & Rasyidah, R. (2015). Development formulation of crafts weaving batik ikat East Java: Strategic block and interconnection. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 18(2), 167. https://doi.org/10.14414/jebav.v18i2.445

Yin, J., Feng, J., & Jia, M. (2024). Research on rural tourism environment perception based on grounded theory A case study of Beishan Village, Zhuhai City, Guangdong Province, China. Heliyon, 10(11), e32373. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e32373

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan.

Zhang, X. M. (2012). Research on the development strategies of rural tourism in Suzhou based on SWOT analysis. Energy Procedia, 16(PART B), 1295–1299. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2012.01.207




DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v24i1.20239