Upaya Peningkatan Literasi Keuangan Pengurus BUMDES Melalui Pelatihan Keuangan di Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung

Rita Zulbetti, Perwito Perwito, Vina Anggilia Puspita

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memetakan tingkat literasi keuangan dan meningkatkan pemahaman tentang literasi keuangan pengurus BUMDes di Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap survei, tahap pelatihan serta tahap praktek. Tingkat literasi keuangan yang di survei berdasarkan konsep, yaitu pemahaman/pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan terhadap lembaga keuangan. Sedangkan Lembaga Jasa Keuangan yang ditanyakan meliputi Bank, Asuransi dan Perusahaan Pembiayaan. Survei awal menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan pengurus BUMDes yang well literate untuk Bank sebesar 38,90% dan not literate untuk Perusahaan Pembiayaan sebesar 68,00%. Dari hasil tersebut diketahui masih perlu dilakukan peningkatan program pendidikan literasi keuangan dalam rangka membuka akses pengurus BUMDes ke Bank, Asuransi serta Perusahaan Pembiayaan. Setelah pelatihan ada peningkatan tingkat literasi keuangan pengurus BUMDes well literate untuk Bank menjadi sebesar 41s,35% dan penurunan indeks not literate untuk Perusahaan Pembiayaan menjadi sebesar 27,35%. Pengurus BUMDes sudah bisa membuat laporan keuangan sederhana, agar bisa memenuhi kewajiban membuat laporan keuangan bulanan dengan cara yang transparan dan jujur bagi bisnis-bisnis di BUMDes tersebut.

Keywords


Literasi Keuangan, Badan Usaha Milik Desa, Lembaga Keuangan

Full Text:

PDF

References


Atkinson, A., & Messy, F. (2013). Assessing Financial Literacy in 12 Countries.

Indonesia, D. P. R. R. (2011). UU nomor 21 tahun 2011 tentang Otoritas Jasa lembaga keuangan.

Keuangan, O. J. (2017). STRATEGI NASIONAL LITERASI KEUANGAN INDONESIA ( Revisit 2017).

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2007). Baby Boomer Retirement Security : The Roles of Planning , Financial Literacy , and Housing Wealth Baby Boomer Retirement Security : The Roles of Planning , Financial Literacy , and Housing Wealth. Journal of Monetary Economics, 54, 205-224., 54, 205224.

Measuring Financial Literacy : Questionnaire and Guidance Notes for Conducting an Internationally Comparable Survey of Financial Literacy. (n.d.).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan T. R. I. (2015). Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, 111.

Mishkin, F. S. (2013). The Economics of Money, Banking, and Financial Markets, Global Edition - Tenth Edition, Pearson. (10th Editi). Pearson.

Zulbetti, R. (2012). Pengaruh rasio-rasio camel dan faktor-faktor makroekonomi terhadap. Banking & Management Review, 1(Mei 2012), 4862.




DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v19i2.3824