THE INFLUENCE OF MOTIVATION TO AVOID USURY, PRODUCT KNOWLEDGE AND RELIGIOUS ON THE DECISION TO BECOME A CUSTOMER AT BPRS GEBU PRIMA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, M., Umiyati, U., & Apriansyah, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Religious Behaviour Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Pada Produk Tabungan BNI Syariah). Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(2), 119-132.
Al Kanzu, H., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan dan Perceived Value Terhadap Kepuasam Religius Untuk Meningkatkan Minat Menabung Ulang (Studi Pada BNI Syariah Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 84-95.
Alquran.
Anggraini, R., & Inayah, N. (2022). Analisis Minat Nasabah Non-Muslim Untuk Melakukan Pembiayaan Pada PT. BPRS Gebu Prima Medan. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 4(1), 74-90.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Farida, B. S., & Mahfud, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Religious Behavior Sebagai Variabel Moderator. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 348-356.
Gampu, A. N., Kawet, L., & Uhing, Y. (2015). Analisis Motivasi, Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih PT. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 1330-1340.
Hanik, S. U., & Handayani, J. (2014). Keputusan Nasabah dalam Memilih Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Nasabah Bank Syariah Mandiri). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Perbankan Indonesia, 22(2), 188-202.
Hidayah, A. N., & Kartini, I. A. (2017). Peranan Bank Syariah dalam Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Tentang Kemanfaatan Produk dan Jasa Perbankan Syariah. Kosmik Hukum, 16(1), 74-86.
Iqbal, M., & Hamid, A. (2019). Pengaruh Motivasi, Perilaku dan Pemahaman Terhadap Keputusan Masyarakat Dalam Memilih Bank Syariah di Aceh Tamiang. Jurnal Investasi Islam, 4(2), 153-165.
Kholila, S. (2018). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Muamalat KC Surabaya-Mas Mansyur (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Maisur, M. A., & Shabri, M. (2015). Pengaruh Prinsip Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan, Religiusitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah di Banda Aceh. Jurnal Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(2), 1-8.
Maksum, M., & Nazilah, J. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan menjadi Nasabah BMT NU Jawa Timur Cabang Lenteng. al-IQTISHADY: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 52-81.
Malik, J. A. (2019). Pengaruh Produk, Promosi dan Service Exellence Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada BPRS Suriyah KC Salatiga) (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
Marimin. (2015). Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Jakarta: PT. Grasindo.
Maulana, F. R., Hasnita, N., & Evriyenni, E. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 124-137.
Noor, J. (2016). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Nurmaeni, R., Hasanah, S., & Widowati, M. (2020). Analisis Pengaruh Hedonisme, Religiusitas, Motivasi dan Promosi terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah (Studi Kasus pada PT Bank BRI Syariah, Tbk. Kantor Cabang Pembantu Majapahit Semarang). Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 3(2), 303-312.
Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah tanggal 16 Juli 2008. Jakarta: Sekretariat Negara.
Permana, A. I., Prastowo, S. L., & Djaenudin, E. M. (2021). Pengaruh Motivasi Untuk Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Mandiri Syariah KC Malang). EKONOMI BISNIS, 27(1), 419-430.
Peter, J. P., & Donnelly, J. H. (2010). Marketing Management. New York: McGraw-Hill Higher Education.
Pribadi, Y. (2020). Preferensi Generasi Milenial Untuk Berinvestasi Sukuk. I-Finance: A Research Journal on Islamic Finance, 6(2), 80-89.
Putra, A. R., & Muttaqin, A. A. (2023). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Persepsi Nasabah dan Pengetahuan Produk Bank Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pembiayaan Bank Syariah Indonesia (Ex Bank Syariah Mandiri) KCP Malang Pasar Besar. Islamic Economics and finance in Focus, 2(1).
Putri, S., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Pengaruh Produk, Pelayanan dan Motivasi Menghindari Riba Terhadap Keputusan Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah. El mudhorib: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1), 30-43.
Rahmayani, H., Zuhirsyan, M., & Wathan, H. (2021). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah pada PT. Bank Sumut Syariah Cabang Medan. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 153-162.
Resti, E., Aravik, H., & Choirunnisak, C. (2021). Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri KCP Palembang KM 6). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 1(2), 135-144.
Rusiadi, Subiantoro, N., & Hidayat, R. (2014). Metode Penelitian: Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan. Medan: USU Press.
Risfandy, T., Husa, P. P., & Asrihapsari, A. (2016). Daya Saing Bank Syariah di Sebuah Negara Religius: Temuan Empirik dari Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 20(2), 282-291.
Sa’adah, H., & Sopingi, I. (2019). Marketing Mix-7P dan Religi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (Survey Pada PT. Bank BRI Syariah KCP Wahid Hasyim Jombang). MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 3(1), 59-72.
Shafrani, Y. S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Produk Simpanan Pada BSM Cabang Purwokerto. El-Jizya: Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 189-215.
Sjahdeini, S. R. (2014). Perbankan Syariah: Produk-Produk dan Aspek-Aspek Hukumnya. Jakarta: Kencana.
Sufitrayati, S., & Nailufar, F. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah di Kota Banda Aceh. Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 2(1), 1-22.
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Umro, J., Stit, D., & Pasuruan, P. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Religius di Sekolah yang Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Makrifat, 3(2), 149–166.
Utomo, D. P., Jailani, H., & Cahyati, R. A. (2021). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Koperasi Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Nur Hayyu Ambara NTB. IQTISHADUNA, 12(2), 161-170.
Wahyudhi, I. (2022). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Product Knowledge Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah PT. Bank Syariah Mandiri Pasuruan-Jawa Timur. EL MUDHORIB: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1), 16-37.
Yanti, L. A. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1366-1371.
Yusnani, Y. (2013). Mekanisme Pasar dan Persoalan Riba dalam Pandangan Islam. JURNAL AKUNTANSI & MANAJEMEN, 7(1), 85-92.
Zachary, M. A., & Luqman, A. S. (2022). Motivasi Menghindari Riba Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. Bank Muamalat Indonesia di Kantor Cabang Binjai. Mediation: Journal Of Law, 1(1), 104-113.
Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2018). Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 10(1), 48-62.
DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.13629
DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.13629.g8517
Refbacks
- There are currently no refbacks.