TINJAUAN LITERATUR TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN PERANNYA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM

Afifah Najwa Azzahra, Ahyu Manja, Nurjannah Nurjannah, Putri Handayani Syam

Abstract


Media pembelajaran merupakan alat bantu berupa fisik maupun non fisik yang dapat digunakan guru sebagai perantara mengajar yang memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran secara efektif dan efisien. Adapun dalam pembelajaran Agama Islam banyak dari materi pembelajarannya membutuhkan media sebagai perantara, agar memudahkan siswa memahami dan menghindari kesalahan dalam pemahaman ataupun dalam praktek-praktek pelaksanaan ibadah. Tentunya para guru juga harus mengetahui mana media pembelajaran yang interaktif dan menggugah siswa, karena keingin tahuan siswa sangat berdampak pada pemahamannya. Dalam penelitian ini kami menggunakan metode kajian literatur untuk mengetahui bagaimana peran media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran Agama Islam. Adapun hasilnya menunjukkan bahwa interaktifnya sebuah media pembelajaran sangat berperan dalam kegiatan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ali, I. M. bin (2019) Buku Pintar Bacaan Shalat Plus Doa Harian. Yogyakarta: Laksana.

Asela, Saas. Salsabila, Unik Hanifah. Lestari, Nurul Hidayah Puji. Sihati, Alfi & Amalia. (2020) Peran Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Siswa Visual. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7). 1297-1303.

Hamid, Nur. (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Professional CS6 untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Agama Islam, XIV. 109-130.

Hasanah, Muwahidah Nur. (2018)Media Pembelajaran Interaktif Berbasis ICT dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Lubab, 4(2), 135-150

Lestari, N. (2020) Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jawa Tengah: Lakeisha.

Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnosia,I(2),27-36

Harfiani, R., Mavianti, & Setiawa, H. R. (2021). Model Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 488.

Hasrian Rudi, W. M. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad, 9(1).

Nurzannah, & Setiawan, H. R. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Guru SD (Pembuatan Media Evaluasi Pembelajaran Online). JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 308.

Satriawan, Wandy Rohmad. Andrizal & Mailani, Ikrima. (2020) Peran Media Pembelajaran Interaktif dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Islam (PAI) Siswa Kelas X di SMA Negeri 10 Sentajo Raya. JOM FTK UNIKS, 1(2). 216-228.

Syafrudin Nurdin, Guru profesional dan Implementasi Kurikulum, (Jakarta, PT. Ciputat press,2012), Hal.36.

Wibawanto, W. (2017) Desain Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.