KAJIAN LITERATUR TENTANG PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP AGAMA ISLAM
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran melalui media audio-visual. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMA kelas 11 dengan subjek sebanyak 10 orang. Dan data yang diperoleh berupa hasil tes tertulis yang diberikan setiap akhir pembelajaran, lemba observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa denngan menggunakan media audio-visual terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa diama siklus pertama nilai siswa yang di atas KKM sekitar 40% dan siklus kedua 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pebelajaran menggunakan media audio-visual merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep pemahaman siswa.
Full Text:
PDFReferences
Arief S.Sadiman, Media pendidikan,pengertian,pengembangan dan pemanfaatannya, (Jakarta : PT Rajagrafindo Persada 2010).
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, Teori belajar & pembelajaran (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012).
Budiono, Statiska Untuk Penelitian, ( Surakarta: UUS Press, 2009).
Cecep kustandi dan bambang sutjipto, media pembelajaran manual dan digital (Bogor: penerbit ghalia indonesia, 2011).
Chairul Anwar, Hakikat Manusia Dalam Pendidikan Sebuah Tujuan Filosof, (Yogyakarta :SUKAPress, 2014).
Chairul Anwar, Buku Terlengkap Teoriteori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer, (Yogyakarta :IRCiSoD, 2017), h 13.
H Abdul Rahman, “Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam – Tinjauan Epistemologi dan Isi – Materi “ Jurnal Eksis Riset,Polteknik Negeri Samarinda vol. 8 No. 1.
Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47.
Setiawan, H. R., Mukti, A., & Syaukani. (2021). Peningkatan Kompetensi Berbahasa Arab Siswa Melalui Model Manajemen Pembelajaran POACE. Arabi: Journal Of Arabic Studies, 6(2), 204.
Syahfitri, R., Sari, D. P., Wahyuni, A., Fatimah, S., & Setiawan, H. R. (2020). Implementasi E-Learning Pada Mata Pelajaran PAI Dimasa Pandemi Covid-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 46.
Hajar AH Sanaky, Media Pembelajaran Interaktif – Inovatif (Yogyakarta: Kaukaba Dipantara,2013).
Imam Syafe’i “Tujuan Pendidikan Islam” Al-tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 6,(November 2015).
DOI: https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.13993
DOI (PDF): https://doi.org/10.3059/insis.v0i0.13993.g8874
Refbacks
- There are currently no refbacks.