ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

Hayin Nurjanah, Nurul Izzah Sajidah Jamil, Balqis Zain Umari, Nur Al Fiah

Abstract


Tujuan penulisan ini untuk mengetahui efektivitas  penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran agama Islam di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berupa teknologi dapat menghasilkan hasil pembelajaran yang lebih baik dan juga memudahkan guru dalam mencari informasi dan menyampaikan materi, baik berupa lisan, tulisan maupun visual. Penelitian ini juga menunjukkan bagaimana siswa dapat menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan  media pembelajaran berbasis teknologi. Adapun kendala yang dialami dalam menggunakan media pembelajaran ini seperti, kurangnya pengalaman atau masih awamnya guru dalam mengoperasikan teknologi, kurangnya ketersediaan alat dalam mengoperasikan media berbasis teknologi, padamnya listrik dan juga kesulitan dalam jaringan internet. Adapun soslusi yang dapat dilakukan dengan mengadakan pelatihan khusus untuk guru agar lebih lancar dalam mengoperasikan benda teknologi dan menyediakan mesin generator agar pembelajaran tetap berjalan secara kondusif dan lebih efektif.


Full Text:

PDF

References


Trinaldi, Deni. 2022. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasundan: Bandung.

Firmadani, Fifit. 2020. Media Pemeblajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Tindar. Magelang.

Nur Aziz, Taufiq. 2015. Penggunaan Media Pemeblajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Cikal Harapan I Bumi Serpong Damai Tanggerang Selatan. Sekripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Ainiyah, Nur. 2014. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”, https://www.academia.edu/19623124/Analisis_Jurnal_ppd_perni, diakses pada 11 Maret 2023 pukul 23.50.

Nasir. 2018. “Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasih Power Point di Kelas VIII SMP Unismuh Makasar” dalam ResearchGate: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Makasar.

Nursyamsi. 2014. “Manfaat Media Pemeblajaran Berbasih TIK”, https://neozonk.wordpress.com/2014/05/29/manfaat-media-pembelajaran-berbasis-tik/, diakses pada 11 Maret 2023 pukul 01.20.

Filza. 2022. “Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Luar Sekolah”, https://www.kompasiana.com/flzyuswita3485/620b74c01e0cba061b5f1ae5/mamfaat-media-pembelajaran-berbasis-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-pendidikan-luar-sekolah, diakses pada 11 Maret 2023 pukul 01.30.

Irfan Syahputra, Fikri. 2022. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Modern”, https://www.gurusiana.id/read/fikriirfan/article/media-pembelajaran-berbasis-teknologi-di-era-modern-91629, diakses pada 11 Maret 2023 pukul 02.10.

Budi Kusuma, Alam. Astuti, Widi. Edi Setyawan, Cahya. 2019. “Analisis Penerapan Medida Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Gogle Classroom di Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada (STAIM) Yogyakarta” dalam Al Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Volume 8, Nomor 2. Yogyakarta.

Zanin Nu’man, Ahmad. 2014. “Efektivitaa Penerapan E-Learning Model Edmono dalam Pemeblajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa” dalam Duta.com ISSN Volume 7 Nomor 1. Surakarta.

Harfiani. 2020. “Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal” dalam Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Bogor.

Masitah, Siti. 2021. “Efektivitas Penggunaan Teknologi Whatsapp Bagi Guru, Siswa dan Orang Tua dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Daring dan Luring pada Era New Normal Di SMPN 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2020” dalam Jurnal Pendidikan Guru. Volume 2 Nomor 1. Jambi.

Setiawan, H. R. (2022a). STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG (Upaya Peningkatan Motivasi & Hasil Belajar Siswa). UMSU Press.

Setiawan, H. R. (2022b). UTILIZATION OF THE GOOGLE FORM APPLICATION AS A MEDIA FOR EVALUATING STUDENT LEARNING AT SMP RAHMAT ISLAMIYAH MEDAN. Studies, Proceeding International Seminar of Islamic, 1472.

Sari, Diana. 2018. “Analisis Efektivitas Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 31 Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara” dalam Jurnal Konsepsi. Volume 7 Nomor 1. Palopo.

Nursyam, Aisyah. 2019. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi” dalam Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan. volume 18 Nomor 1. Indonesia.

Arahap, Rintio. Makhromi. 2020. “Analisis Efektifitas Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Learning Together pada Pembelajaran PAI di SMP Al Mahrusiyah Ngampel Kediri” dalam Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman. Volume 10 Nomor 3. Kediri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.