KAJIAN LITERATUR TENTANG PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOSIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI

Fahdisya Nuzly Umara, Rani Lestari, Syatila Zahra, Ela Safitri

Abstract


Keberadaan media sosial telah mengubah bagaimana akses terhadap teknologi digital berjaringan. Untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih dan arus globalisasi yang semakin hebat. Motivasi belajar serta Pemanfaatan Jejaring sosial seperti Telegram,Instagram,Whatsapp serta Youtube telah menjadi tren di kalangan remaja, oleh karenanya media tersebut dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial sebagai media bantu pembelajaran pendidikan agama islam, dan mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan jejaring sosial sebagai media bantu pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penggunaan studi kasus dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial sebagai media yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil tersebut dianalisis menggunakan tiga langkah: reduksi, display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran PAI dapat memanfaatkan media sosial melalui penggunaan strategi pembelajaran terpadu, yaitu dengan menggabungkan pembelajaran tatap muka di kelas dan memanfaatkan media sosial sebagai pembelajaran di luar kelas,dilakukan dengan memanfaatkan fitur Group, dengan langkah-langkah: (1) Membuat akun media sosial untuk kelas eksperimen; (2) Menambahkan siswa ke dalam group; (3) Mengunggah file; dan (4) Melakukan diskusi.


Full Text:

PDF

References


Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta : Grasindo Indonesia.

Irfan, Muhammad, Siti Nursiah, Andi Nilam Rahayu. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol 9 (3), 262-272.

Jaelani, Ahmad, dkk. 2020. Penggunaaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajjat PAI di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA : Ikatan Alumni PGSD UNARS. Vol 8 (1).

Koni, S. M. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4 (2), 37–43.

Harfiani, R., Mavianti, & Setiawa, H. R. (2021). Model Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 488.

Setiawan, H. R. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG (Upaya Peningkatan Motivasi & Hasil Belajar Siswa). UMSU Press.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47.

Setiawan, H. R., Mukti, A., & Syaukani. (2021). Peningkatan Kompetensi Berbahasa Arab Siswa Melalui Model Manajemen Pembelajaran POACE. Arabi: Journal Of Arabic Studies, 6(2), 204.

Kusnandar, Viva Budy. 2022. WhatsApp Media Sosial Paling Banyak Digunakan Masyarakat pada 2021. Databoks. Diakses pada 14 Oktober 2022 di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/14/whatsapp-media-sosial-paling-banyak-digunakan-masyarakat-pada-2021

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya

Umachandran, D. K., Jurcic, I., Ferdinand-James, D., Said, M. M. T., & Rashid, A. A. (2018). Gearing Up Education Towards Industry 4.0. International Journal of Computers & Technology, 17(2), 7305– 7311. https://doi.org/10.24297/ijct.v17i2.7754

Uno, Hamzah. 2012. Model pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Gunawan, I Gede Dharma. 2017. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Bawi Ayah. Vol 8. No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.