MEDIA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA GENERASI Z

Sinarti Wulansari Tarigan

Abstract


Sejumlah pakar pendidikan Islam banyak yang angkat bicara dan sekaligus menawarkan sejumlah pemikiran dan gagasan tentang pembelajaran agama Islam di era disrupsi 4.0 tersebut. Pembahasan ini sangat penting mengingat era disrupsi atau industri 4.0 ini akan menimbulkan tantangan-tantangan baru yang harus diubah menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga ledakan tersebut membawa berkah bagi setiap orang yang melakukannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research). Melalui kajian literatur ini peneliti berusaha menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau serta bersumber dari berbagai sumber yang memiliki kedalaman teori dari para ahli. Artikel ini mempelajari konsep media pembelajaran agama Islam berbasis media sosial dalam memfasilitasi peserta didik generasi-Z. Dalam pembahasan ini pertanyaannya media pembelajaran agama islam itu dalam arti teori tersendiri mengenai pengertian media pembelajaran agama islam yakni teori mengenai media pembelajaran perspektif islam. Media sosial (sering disalahtuliskan sebagai media sosial) adalah sebuah media yang berani, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Revolusi Industri merupakan perubahan besar-besaran di bidang industri yang berdampak luas pada kondisi sosial, budaya, dan ekonomi. Saat ini, dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0, berbagai teknologi yang menjadi tanda dimulainya revolusi industri 4. 0 sudah mulai diterapkan di berbagai bidangPenelitian ini mengungkapkan media pembelajaran untuk era disrupsi adalah media pembelajaran yang berbasis teknologi dimana media pembelajaran yang tepat adalah media sosial yang notabene sangat akrab dikalangan para pelajar. penelitian ini mengungkapkan bahwa media sosial merupakan media pembelajaran agama Islam yang relavan dalam mendididk generasi-Z.


Full Text:

PDF

References


Abudin Nata, “Pendidikan Islam Di Era Milenial”, Conciencia (Jurnal Pendidikan Islam), 18, no. 1, 2018

Al-Rahmi, W., M. S. Othman, L. M. Yusuf. “The Role of Social Media for Collaborative Learning to Improve Academic Performance of Students and Researchers in Malaysian Higher Education.” The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 16, no. 4 2015. http://www.irrodl.org/index.php/irrodl/article/view/2326.

Anealka Aziz Hussin, “Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching”. International Journal of Education & Literacy Studies, 6 (3), 2018.

APJII. Statistik Pengguna dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia, Jakarta, Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia, 2016.

Ashby, Eric, The Fourth Revolution: Instructional Technology in Higher Education,A Carnegie Commission on Higher Education Report, New York, McGraw-Hill Book Co., 1972.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Balakrishnan, V., & Lay, Gan Chin. “Students’ Learning Styles and Their Effects on the Use of Social Media Technology for Learning”, Telematics and Informatics 33, no. 3 2016.

Barr, R. B. & Tagg, J., “From teaching to learning: A new paradigm for undergraduate education”, Medical Education 27, 1995.

Briggs, Leslie J., Instructional Design, Educational Technology, Publications Inc. New Jersey, Englewood Cliffs, 1977.

Cagan, O., Unsal, A., & Çelik, N. “Evaluation of College Students’the Level of Addiction to Cellular Phone and Investigation on the Relationsship Between the Addiction and the Level of Depression”Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences, CXIV, 2014.

Dale, Edgar, Audio Visual Methods in Teaching, New York, Holt, Rinehart and Winston Inc. The Dryden Press, 1969.

Etin Solihatin, Strategi Pembelajaran PPKN, Jakarta, Bumi Aksara, 2012.

Hamzah B.Uno, Teknologi Komunikasi dan Inofasi Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara, 2010.

Harfiani, R., Mavianti, & Setiawa, H. R. (2021). Model Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 488.

Setiawan, H. R. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG (Upaya Peningkatan Motivasi & Hasil Belajar Siswa). UMSU Press.

Ivanova, A. & Smrikarov, A., “The New Generations of Students and the Future of e-learning in igher Education”, Proceeding of the Internationa Conference on e-learning and the Knowedge Societ 31 August 01 September 2009, Berlin, University of Appied Sciences, 2009.

John W. Collins, Nancy Patricia O’Brien, The Greenwood Dictionary Of Education, London, Greenwood Press, 2003.

Kapil, Y., & Roy, A, “Critical Evaluation of Generation Z at Workplaces”. International Journal of Social Relevance & Concern, II(1), 2014.

Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein, "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1), 2010.

Lester Voit dalam website isnare.articles.com

M. Ramli, Media dan Teknologi Pembelajaran, Banjarmasin, Antasari Pers, 2012.

Mannheim, Karl, The Problem of Generations. In Kecskemeti, Paul (ed.). Essays on the Sociology of Knowledge: Collected Works, Volume 5, New York, Routledge. 1952.

Mulyasa, E., Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta, Bumi Aksara, 2016.

National Education Association, Audiovisual Instruction Department, New Media and College Teaching, Washington D.C., NEA, 1969.

Orsal, O., Orsal, O., Unsal, A., & Ozalp, S. S., “Evaluation of Internet Addiction and Depression Among University Students”, Procedia Social and Behavioral Sciences Journal, LXXXII, 2013.

Ozkan, M., & Solmaz, B., “Mobile Addiction of Generation Z and its Effects on their Social Lifes”, Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences, CCV, 2015.

Rita Anggraini, “Karakteristik Media yang Tepat dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Nilai” Journal of Moral and Civic Education 2017.

Romero, O. C. “Social Media as learning tool in higher education: the case of Mexico and South Korea”. Sinéctica, Revista Electrónica de Educación, 44, 2015.

Schramm, W., Big Media Litle Media, London, Sage Public-Baverly Hills, 1977.

Sobaih, A. E. E., Moustafa, M. A., Ghandforoush, P., & Khan, M., “To use or not to use? Social media in higher education in developing countries” Computers in Human Behavior, Volume 58, May 2016, https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.01.002.

Strauss, W., & Howe, N, Generations The History of America’s Future, 1584 to 2069, (New York: William Morrow Paperbacks. 1991.

Tapscott, D, Grown Up Digital, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Torocsik, M., Szűcs, K., & Kehl, D., “How Generations Think: Research on Generation Z”, Journal Acta Universitatis Sapientiae, I, 2014.

Udin Syaifuddin Su’ud, Inovasi Pendidikan, Bandung, Alfabeta, 2008. Wiratmojo P. dan Sasonohardjo, Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan Berjengjang Tingkat Pertama, Lembaga Administrasi Negara, 2002.

Zhitomirsky-Geffet, M., & Blau, M., “Cross-Generational Analysis Of Predictive Factors Of Addictive Behavior In Smartphone Usage”, Journal Computers in Human Behavior, LXIV, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.