PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM AL RASYIDIN DALAM BUKU FALSAFAH PENDIDIKAN ISLAMI

Abd Rahman

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan (library research) yang menjadikan bahan pustaka sebagai sumber utama. Hasil penelitian ini pertama, memberikan landasan berfikir mendalam, sistematis, reflektif dan universal dalam memahami esensi pendidikan untuk apa pendidikan, dan bagaimana idealnya pendidikan itu dilaksanakan. Kedua, memahami esensi pendidikan melalui pencapaian dan penelaahan terhadap konsep-konsep filosofis ajaran Islam al-Qur’an dan Hadits yang pada gilirannya akan melahirkan teori-teori atau kerangka konseptual bagi pelaksanaan dan pengembangan pendidikan Islam. Ketiga, memberikan landasan berfikir mendalam kepada pendidik dalam menganalisis secara kritis berbagai unsur atau komponen yang terkait dengan pendidikan Islam, seperti: (a) esensi manusia sebagai makluk jismiyah dan ruhiyah, (b) esensi ilmu pengetahuan sebagai muatan  pendidikan Islami, (c) esensi al-Qur’an dan Hadits sebagai kurikulum pendidikan Islami, (d) esensi metode sebagai instruen bagi memudahkan penanaman ilmu, (e) esensi evaluasi untuk mengukur dan menilai kualitas kinerja dan kepribadian setiap Muslim.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Taufik, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam, dalam El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2019.

Al Rasyidin. Falsafah Pendidikan Islam, Medan: Citapustaka Media Perintis. 2012.

Andi Hidayat, Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial, dalam FENOMENA, Volume 10, No 1, 2018.

M Pidarta, Landasan pendidikan, (Jakarta: PT Rineka cipta, 2000)

Miftahur Rohman dan Hairudin, Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kultural, dalam Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 9, No. I 2018.

Tri Wahyudi Ramdhan. Desain Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid, dalam Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 5, No. 1, Maret 2019.

Y. B Irianto, Kebijakan Pembaruan Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011)

Zulkipli Nasution, Dasar Dan Tujuan Pendidikan Islam Dalam Konsep Alquran, dalam TARBIYAH ISLAMIYAH, Volume 9, Nomor 2, Juli-Desember 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.