MANEJEMEN PROGRAM PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR'AN DI SMP NEGERI 24 MEDAN

Khairunnisa Bunaiya Zulkarnain

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa dalam memulai diri dalam membiasakan membaca alquran disetiap harinya dan siswa kesulitan dalam membaca alquran dengan baik dan benar kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa/i sangat kurang. pendidikan karakter dari orang tua sangatlah signifikan dalam membentuk intelektual kognitif siswa, akan tetapi masih banyak orang tua yang tidak mempunyai waktu untuk anaknya sehingga pendidikan anaknya kurang maksimal. Kemampuan dan minat siswa dalam membaca Al-Quran dijelaskan rendah. kegiatan rutin untuk membiasakan membaca Al-Qur'an melakukan Efeknya dapat menghasilkan hasil yang berbeda kemampuan dan aktivitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 24 Medan. Metode observasi dilakukan untuk menerima data yang berkaitan dengan penelitian, dengan metode observasi peneliti bisa mengetahui minat siswa dalam membiasakan diri dan membaca Al-Quran disetiap harinya. Upaya penanaman kebiasaan dalam pentingnya pendidikan Al-Qur’an pada anak usia dini di SMP Negeri 24 Medan sangat perlu dilaksanakan. Dari kebiasaan dalam belajar Al-Quran menjadi acuan untuk membentuk karakter siswa agar lebih berakhlak baik. 

Full Text:

PDF

References


Abd Mukti, S. S. (2021). Manajemen Kegiatan Peserta Didik dalam Peningkatan Kualitas Lulusan di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(001), 125.

Abdul Nashih Ulwan, Pendidikan Anak Menurut Islam Kaidah-Kaidah Dasar, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1992), hlm. 60

Amin, H. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1-10.

Ana Priatin Lukman Fauzi, “Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an di SD Negeri 3 Pasunggingan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga” (Skripsi Sarjana Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Purwokerto, 2016), hal. 6

Anggi, F. (2018). Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits. Ta"Lim, 1(2), 258–287.

Arif. (2021). Manajemen Pendidikan. Medan: Garuda

Armai, Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), hlm. 110

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. 3 (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), hal.

Hanna Junhana Bastaman, Integrasi Pesikologi dan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995), hlm. 126

Harfiani, R., & Setiawan, H. R. (2019). Model Penilaian Pembelajaran Di Paud Inklusif. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(2), 236.

Nurzannah, Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 9.

Setiawan, H. R. (2018). Improving Student’s Study Result Using Role Playing Methods and Animation Media on Arabic Courses in the Faculty of Islamic Religion University of Muhammadiyah Sumatra Utara. PROCEEDINGS INTERNATIONAL CONFERENCE BKSPTIS, 199.

Setiawan, H. R., & Abrianto, D. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bildung.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2019). Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Rahmat Islamiyah Medan. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 4(2), 942–955.

Setiawan, H. R., & Mavianti. (2021). Implementasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (Mpls) Bagi Siswa Baru Sekolah Dasar Di Era New Normal. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 393.

Raharjo, S. (2012). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Aisyiyah Al Husna Ii Pengasih, Kec. Pengasih, Kab. Kulon Progo. In Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, S. H., Huda, H., Wahono, J., Nadjih, D., & Sarnoto, A. Z. (2019). Implementasi Pendidikan Quran Tingkat Lanjut Bagi Santri Usia Dewasa. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), 63–78.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.