PEMANFAATAN MEDIA GAME EDUKASI AKUNTANSI (GEDUTAN) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI

Mariati Mariati

Abstract


Akuntansi sering dianggap sebagai sesuatu yang sulit, rumit dan membosankan bagi siswa. Hal ini biasa terjadi pada siswa SMK kelas X yang baru mengenal akuntansi. Anggapan negatif terhadap akuntansi salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan media yang tidak tepat dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan siswa SMK Bisnis dan Manajemen dalam memahami mata pelajaran akuntansi khususnya pada materi persamaan dasar akuntansi melalui pemanfaatan media pembelajaran game edukasi akuntansi yang disingkat  “gedutan” sebagai media pembelajaran yang mendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan game edukasi untuk meningkatkan pemahaman siswa, Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PAB-02 Helvetia sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa 88% siswa mengalami peningkatan pemahaman terhadap materi akuntansi khususnya persamaan dasar akuntansi, hal ini dilihat dari capaian skor yang diperoleh siswa pada game soal yang dijawab secara mandiri. Berdasarkan hasil wawancara, 97% siswa  menyatakan game edukasi akuntansi tersebut sangat menarik dan dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap setiap sajian materi yang terdapat dalam game. Berdasarkan hasil observasi, 100% siswa sangat serius dalam memanfaatkan game edukasi akuntansi (gedutan) sebagai media pembelajaran tambahan.

 

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.

Dony Novaliendry. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif ( Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO ). Jurnal Teknologi Dan Pendidikan, 6(2), 106–118. https://www.researchgate.net/publication/321193593_APLIKASI_GAME_GEOGRAFI_BERBASIS_MULTIMEDIA_INTERAKTIF_STUDI_KASUS_SISWA_KELAS_IX_SMPN_1_RAO%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/321193593%0AAPLIKASI

Endah Wredati Rahayu. (2021). Pemanfaatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa di MI YAPPI Balong Girisubo. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 457–464.

Mariati. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model Games “ Gedutan ” Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Smk - Bm Se- Kota Medan. Seminar Nasional Pendidikan, ISSN : 2503-4855, 173–190.

Sihotang, I. M. (2015). Media Pembelajaran Berbasis Komputer dalam Menyusun Laporan Keuangan. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, c, 541–546.

Sutirna dan Suntoko. (2018). PERSEPSI GURU TERHADAP INOVASI MEDIA ( Penelitian Survey di Lingkungan Guru Se Komisariat Telukjambe Karawang). Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(7), 85–90.

Umami, N., & Adha, M. I. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Games Book Accounting Untuk Meningkatkan Motivasi Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Materi Siklus Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 15–24.

Utami, Y. T. (2019). Game Edukasi Akuntansi Sebagai Sarana Peningkatan Minat Belajar Siswa (Studi Kasus : Smk Negeri 8 Bandar Lampung). Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 16. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i2.355

Vitianingsih, A. V. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.25139/inform.v1i1.220

Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.