PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Raisa Amanda, Sarah Audry Lubis, Syahrani Maha, Yuliana Yuliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak perkembangan teknologi informasi dalam dunia Pendidikan, yang terus berkembang dari masa ke masa. Terutama dimulai dari tahun 2020, dimana dunia dihadapi dengan permasalahan yang mengejutkan, yaitu Pandemi Covid 19. Sejak saat itu, teknologi informasi semakin jelas terlihat perannya dalam dunia Pendidikan, karena munculnya istilah daring (dalam jaringan), atau yang diketahui sebagai system pembelajaran online. Para pendidik dan peserta didik sudah tidak asing dengan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Bahkan ada masa dimana media tersebut menjadi hal utama yang menunjang berjalannya proses pembelajaran, karena tidak memungkinnya menjalankan luring (luar jaringan) disaat Pandemi Covid 19 masih sangat massive.  

Full Text:

PDF

References


Irma Sari Sinaga, Faisal Chan, Muhammad Sofwan (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Oleh Guru Sekolah Dasar. Edumaspul Jurnal Pendidikan, Jambi.

Mardhiah Masril, Billy Hendrik, Harry Theozard Fikri, Firdaus, Hasri Awal (2021). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Edumaspul Jurnal Pendidikan, Jambi.

Ali Muhson (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Yohannes (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.

Wasi’ul Maghfiroh (2020). Dampak Teknologi Informasi (IT) terhadap dunia Pendidikan. Prosiding Pascasarjana IAIN Kediri

Ana Maritsa, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya (2021). Muhammad Azhar Ma’shum. Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al Muthaharah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan.

Euis Anih, (2016). Modernisasi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Judika (Jurnal Pendidikan Uniska).

Harfiani, R., Mavianti, & Setiawa, H. R. (2021). Model Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 488.

Hasrian Rudi, W. M. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad, 9(1).

Setiawan, H. R. (2022a). STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG (Upaya Peningkatan Motivasi & Hasil Belajar Siswa). UMSU Press.

Setiawan, H. R. (2022b). UTILIZATION OF THE GOOGLE FORM APPLICATION AS A MEDIA FOR EVALUATING STUDENT LEARNING AT SMP RAHMAT ISLAMIYAH MEDAN. Studies, Proceeding International Seminar of Islamic, 1472.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47.

Setiawan, H. R., Mukti, A., & Syaukani. (2021). Peningkatan Kompetensi Berbahasa Arab Siswa Melalui Model Manajemen Pembelajaran POACE. Arabi: Journal Of Arabic Studies, 6(2), 204.

Syahfitri, R., Sari, D. P., Wahyuni, A., Fatimah, S., & Setiawan, H. R. (2020). Implementasi E-Learning Pada Mata Pelajaran PAI Dimasa Pandemi Covid-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 46.

U. Abdullah Mu’min (2019). Peran Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies

Unik Hanifah Salsabila, Laili Irna Sari, Husna Khaibati Lathif, Ayu Puji Lestari, Asyharinur Ayuning, (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Covid-19. Al Muthaharah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan

Dewi Suranti, Herlina Latipa Sari, Syisva Nurwita, M. Adlan Al Hawari Nasution, (2021). Decki Agustin. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dimasa Pandemi Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Online. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian, Bengkulu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.