LITERASI EKONOMI DAN KEUANGAN ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MELALUI EDUKASI BISNIS (Studi Kasus di SDIT Tasmira Depok, Jawa Barat)

Laila Yumna, Siti Shofiyah, Hamidah Nurjanah

Abstract


Latar belakang permasalahan dari penelitian ini yaitu rendahnya literasi ekonomi dan keuangan Islam di Indonesia yang berada pada not literate dengan nilai sebesar 16,3%. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk literasi ekonomi dan keuangan Islam yang dilaksanakan pada tingkat pendidikan dasar. Hal ini mengingat bahwa peningkatan literasi melalui edukasi pada pendidikan dasar memiliki efektifitas yang tinggi. Adapun prosedur yang dilakukan melalui observasi dan wawancara yang dilaksanakan di SDIT Tasmira Depok dengan subjek penelitian yaitu anak didik, guru dan orang tua. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pengenalan literasi ekonomi dan keuangan Islam pada anak usia dasar di SDIT Tasmira Depok dilakukan pada edukasi bisnis melalui kegiatan market day. Di mana dari kegiatan tersebut dapat mencapai indikator literasi ekonomi dan keuangan Islam terkait perolehan harta, akumulasi harta, distribusi harta dan purifikasi harta melalui pemahaman mengenai perolehan harta melalui cara-cara yang dibenarkan oleh syariat Islam; pembiasaan untuk berbelanja sesuai kebutuhan agar tidak mubazir dan tidak berhutang, serta menabung pada kebutuhan berjangka pendek dalam nominal yang cukup besar; dan penanaman sifat empati dengan cara berbagi kepada sesama melalui sedekah ataupun hibah.

Full Text:

PDF

References


Anshori, A. G. (2008). Sejarah Perkembangan Hukum Perbankan Syariah di Indonesia dan Implikasinya bagi Praktik Perbankan Indonesia. Jurnal Ekonomi Islam: La Riba, Volume 2, Nomor 2, Desember .

Asyhad, M., & Handono, W. A. (2017). Urgensi Literasi Keuangan Syariah pada Pendidikan Dasar. Jurnal MIYAH, Volume 13, Nomor 01, Janurari.

Beik, I. S., & Arsyianti, L. D. (2016). Ekonomi Pembangunan Syariah. Bandung: Rajawali Press.

Iskandar, E. (2017). Urgensi Pendidikan Sistem Ekonomi Islam Sejak Dini. Jurnal Sabilarrasyad, Volume II, Nomor 02.

Jannah, M., Yacob, F., & Julianto. (2017). Rentang Kehidupan Manusia (Life Span Development) dalam Islam. Gender Equality: International Journal of Child and gender Studies, Volume 3, Nomor 1, Maret.

KNKS, K. N. (2019). Strategi Nasional pengembangan Materi Edukasi untuk Peningkatan Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah.

Komite Nasional Keuangan Syariah, K. (2018). Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Misidawati, D. N., & Hariyadi, A. (2020). Pengenalan Pendidikan Ekonomi Islam kepada Generasi Muda: Upaya Peningkatan Mutu Ekonomi Masa Depan. E-Jurnal PPS UNG, Volume 06, Nomor 03, September.

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodriah, & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Moestopo, Volume 5, Nomor 2.

Rahmawati, Z., & Indrarini, R. (2021). Literasi Ekonomi Syariah pada Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberan Kabupaten Jombang. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, Volumen4, Nomor 3, 2.

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Jurnal Scholaria, Volumen 6, Nomor 2.

Sumandi. (2018). Peran Pendidikan dan Pengenalan Sistem Ekonomi Syariah Kepada Generasi Muda di Era Perkembangan Ekonomi Syariah. Jurnal Edunomika, Volume 2, Nomor 2, Agustus.

Tedy, & Yusuf, S. (2020). Literasi Keuangan Syariah pada Pendidikan Dasar: Tinjauan Teoritis dan Empiris. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Keuangan Syariah, Volume 1, Nomor 2, Januari.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.