PENDEKATAN DAKWAH ORANG TUA ERA DIGITAL DALAM PENDIDIKAN AWAL ANAK-ANAK

Safinah Binti Ismail, Nor Musliza Binti Mustafa, Syarul Azman Bin Shaharuddin, Mardhiah Binti Yahaya, Khairul Syafiq Bin Razali

Abstract


Komunikasi penting dalam pendidikan awal anak-anak. Oleh karena itu, orang tua di era digital berperan untuk memastikan pendidikan anak dapat tercapai dengan baik. Namun, orang dewasa kini mendapati bahwa orang tua kurang memantau penggunaan gadget, dan kurang fokus pada pendidikan anak karena kesibukan masing-masing. Ini berdampak negatif pada moral anak-anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan komunikasi yang diterapkan orang tua di era digital pada pendidikan anak usia dini. Metodologi penelitian kualitatif ini menggunakan desain analisis isi. Pengumpulan data untuk penelitian ini didasarkan pada analisis dokumen yang diambil dari buku, jurnal dan prosiding serta aplikasi digital yang tersedia di internet. Dalam penelitian ini, peneliti memilih metode analisis tematik, yaitu dengan menempatkan tema yang sesuai pada data yang diperoleh. Analisis tematik adalah cara untuk mengidentifikasi tema yang terbentuk dalam suatu situasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan komunikasi dapat diterapkan berdasarkan (5M) yaitu memilih, memantau, mendampingi, memotivasi dan mengulang. Pentingnya kajian ini adalah sebagai pedoman bagi orang tua dalam mempraktekkan pendekatan yang tepat saat berkomunikasi dengan anak sehingga pendidikan anak dapat membentuk kepribadian yang terpuji dan mencapai kesuksesan yang luar biasa di dunia dan akhirat.


Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab Ali. 2017. Pembinaan indikator kesejahteraan keluarga menurut Islam. Tesis Sarjana, Fakulti Pengajian Kontemporari Islam Universiti Sultan Zainal Abidin.

Abu cAbd al-Rahman, Syarf al-Haq al-cAzim Abadi.2005. cAun Macbud Syarah Sunan Abi Daud. T.tp. Dar Ibn Hazm.

Abū Dāud, Sunan Abū Dāūd, Kitāb al-Ṣalāh, Bab Mata Yu’mar al-Ghulām bi al-Ṣalāh, no. Hadis 495).

Abū Dāūd, Sulayman ibn Ashcath al-Azādi al-Sijistanī. t.t. Sunan Abū Dāwūd. Lubnan: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah.

al- cAsqalānī, Ibn Hajar.t.th. Fath Al-Bari Syarah Bukhārī. Kaherah: al-Salafiah

al-Bukhari, Abu cAbdullah Muhammad Ismacil. t.th. Sahih al-Bukhari. Lubnan: Dār al-Kutub al-cIlmiyyah.

Al-Qahthani, Sacid Ali Wahf. 2015. Panduan Lengkap Tarbiyatul Aulad. Terj. Solo: Zamzam.

Al- Qurṭubī, Abi Abd Allah Muḥammad ibn Aḥmad ibn Abi Bakr. 2014. al-Jami' li- Ahkam al-Qur'an. Beirut: Dar Al-Kutub Al-cIlmiyah.

Syazwana Aziz, Salina Nen, Suzana Mohd Hoesni & Jamiah Manap. 2019. Tingkah laku devian dalam kalangan remaja di Semenanjung. Jurnal Sains Sosial 4(1): 93–101.

Daviq Chairilsyah. 2012. Pembentukan kepribadian positif anak sejak usia dini. Educhild 1(1): 1–7.

Che Hasniza Che Noh & Mohd Yahya Mohamed Ariffin..Aziyah Abu Bakar, Wan Abd Aziz Wan Mohd Amin, 2011 Hubungan komunikasi keluarga dalam menangani konflik dalam kalangan remaja. Jurnal Pengajian Media Malaysia Malaysian Journal of Media studies 13(1): 73–89.

cUlwan, cAbdullah Nasih. 1997. Tarbiah al-Awlad fi al-Islam. Mansurah: Dar al Salam.

Enung Asmaya. 2012. Implementasi agama dalam mewujudkan keluarga sakinah. Jurnal Dakwah dan Komunikasi 6(1): 1-11.

Ganesen Kamoo & Noraini Mohd Salleh. 2014. Pengaruh struktur keluarga dan stail keibu bapa an terhadap pencapaian akademik murid india di sekolah menengah rendah. Jurnal Kukurikulum dan Pengajaran Asia Pasifik (JuKu 2(1): 44–53.

Herna Alifiani, Nurhayati & Yulia Ningsih. 2019. Analisis penggunaan gadget terhadap pola komunikasi keluarga. Faletehan Health Journal 6(2): 51–55.

Romero-ruiz, K., Echeverri-sánchez, L., Peña-plata, J., Vásquez-, S., Aguilera-cardona, M., Herazo-avendaño, C. & Valencia-, A. 2017. Information and communication technologies impact on family relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences 237(June): 30–37.

Jamiah Manap, Sidek Baba, Nik Suryani Nik Ab. Rahman & Haniza Rais. 2013. Pendekatan komunikasi keibubapaan dalam keluarga mithali. Journal Of Human Development dan Communication 2: 73–87.

Jamiah Manap, Suzana Mohd Hoesni & Mohd Rezal Hamzah. 2018. Family communication amongst conventional malay man. Jurnal Komunikasi, Malaysian Journal of Communication 34 (1): 238–252.

Kamarul Azmi Jasmi & Siti Fauziyani Md Saleh @ Masrom. 2007. Pendidikan dan Pembangunan Keluarga Cemerlang. Skudai: Penerbit Universiti Teknologi Malaysia.

Kamarul Azmi Jasmi. 2010. Guru cemerlang pendidikan Islam sekolah menengah di Malaysia: satu kajian kes. Tesis Dr Fal, Universiti Kebangsaan Malaysia.

Naemah Hamzah, Ismail Mustari & Bushrah Mohd Basiron. 2015. Model Pendidikan Kerohanian Terhadap Anak-anak dalam Kalangan Wanita Cemerlang Sektor Awam. GJAT 5(1): 105–117..

Siti Zainab. 2017. Komunikasi orang tua-anak dalam al-Quran. NALAR 1(1): 48-58.

Suwaid, Muhammad Nur cAbdul Hafiz. 2014. Prophetic Parenting Cara Nabi SAW Mendidik Anak. Terj. Kuala Lumpur: Pustaka al-Shafa.

Syed Mohammad Hilmi Syed Abdul Rahman & Annuar Ramadhon Kasa @Muhyiddin. 2021. Pengurusan stres anak-anak menurut perspektif Islam. Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari 22(1): 205-215

Farah Dina & Huzaimah. 2008. Metode Komunikasi Dakwah dlm S.Salahuddin Suyurno, KHuzaimah Ismail, Aini Faezah (pnyt.) . Islam dan Komunikasi, hlm. 31-54. Shah Alam: Pusat Penerbitan Universiti (UPENA) Universiti Teknologi MARA.

Fathiyaturrohmah. 2014. Ayat-ayat tentang peranan ibu dalam pendidikan anak. Elementary 2(1): 57–85.

H.M Nasor. 2015. Komunikasi interpersonal orang tua muslim dalam pembinaan akhlak remaja. Ijtimaiyya 8(1): 67–89.

Zarnaghash, M., Zarnaghash, M. & Zarnaghash, N. 2013. The Relationship Between Family Communication Patterns and Mental Health. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 84: 405–410


Refbacks

  • There are currently no refbacks.