PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII MTS PPTQ ASY-SYIFA SONOMARTANI

Mei Sandi Pasaribu, Agung Sihotang

Abstract


Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai andil yang besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswanya, guru memiliki posisi yang strategis sebagai pelaku utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik untuk mengetahui metode, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MTs Asy-Syifa Sonomartani. Jenis penelitian ini adalah Field Reasearch yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat ke ‘lapangan’ untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data adalah wawancara (interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analis data yang digunakan yaitu induktif melalui reduksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification). Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menenamkan nilai-nilai karakter pada siswa dapat melalui kegiatan kelompok dengan harapan dapat menerapkan karakter disiplin dan tanggung jawab. Selain itu penerapan 7s (senyum, salam, sapa, sopan, santun, sabar dan syukur). Metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter dapat melalui metode keteladanan, metode nasehat, metode demonstrasi, dan metode diskusi. Faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu adanya sarana dan prasarana yang mendukung dan media bercerita. sedangkan faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu diantaranya kesibukan orang tua, lingkungan, dan media massa. Selanjutnya solusi untuk mengatasi hambatan dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu pemberian tugas dan kerjasama antara guru dan orang tua.

 


Full Text:

PDF

References


Hidayatullah, M. F. (2009). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat & Cerdas. Yuma Pustaka.

Majid, A., & Handayani, D. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Meleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nata, A. (2001). Perspektif Islam tentang Pola hubungan Guru-Murid. PT. Gaja Grafindo Persada.

Ramayulis. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Tohirin. (2008). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT Rajagrafindo.

Wahyuni, S., & Ibrahim, Abd. S. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.