PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MADRASAH MELALUI PEMBIASAAN IBADAH (FENOMOLOGI PADA MTs MPI BAGAN ASAHAN)

Haris Purwanto, Reskina Cahaya Mulia Hairani

Abstract


Sebagai sarana peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembelajaran merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup bangsa dan negara. Karena karakter seseorang pada akhirnya menentukan karakter suatu bangsa, maka pembentukan karakter menjadi sangat penting dalam konteks ini. Identitas mahasiswa yang berkembang sebagai hasil dari praktik ibadah mereka menjadi fokus penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian lapangan yang mencakup proses pengumpulan data, seperti observasi, tanya jawab, dan seleksi; metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa karakter siswa dapat dibentuk melalui kemampuan beradaptasi. Metode Adaptasi di MTs MPI: Mengembangkan Kepribadian Religius Siswa Jujur, rajin, ramah atau komunikatif (di mana pun lokasinya), taat, kreatif, cinta tanah air, gemar membaca, santai, dan bertanggung jawab adalah beberapa sifat Denah Asahan yang patut dikagumi. sifat-sifat. Guru masih bisa secara efektif melatih dan mendidik siswanya agar berperilaku lebih baik, padahal setiap siswa mempunyai kepribadian yang unik. Praktek pembiasaan di MTs MPI dengan tujuan membentuk karakter religius siswa Bagan Asahan meliputi rutinitas seperti ibadah berjamaah, menyapa guru, mengamalkan dzikir pagi, berbagi di hari jumat, dan melaksanakan sholat dhuha.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Fiqh Ibadah (Cet. 1). Yogyakarta: Deepublish.

Baiti, N. (2021). Perkembangan Anak Melejitkan Potensi Anak Sejak Dini. Guepedia.

Dradjat, Z., & Dkk. (2019). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara.

Ghony, M. J., & Almanshur, F. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Gunawan, H. (2019). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Alfabeta.

Hariandi, A., & Dkk. (2019). Budaya Pesantren: Telaah Kepuasan Kerja Guru. Jawa Tengah: IKAPI.

Kementerian Agama RI. (2015). Madrasah Indonesia: Madrasah Prestasiku, Madrasah Pilihanku. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Buku Panduan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama. Direktoral Jenderal Mendikdasmen, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Kuswandi, Y., & Himayaturrohmah, E. (2020). Pembudayaan Nilai-Nilai Islami Dalam Membangun Karakter Bangsa (Studi Kasus di Sekolah Menengah KejuruanNegeri 1 Cimahi). Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 267–275.

Majid, A., & Andayani, D. (2018). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Manulang, B. (2018). Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. PT. Grasindo.

Masturin. (2019). Pendidikan Karakter pada Materi PAI dalam Pembentukan Manusia Berkualitas. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(4).

Mulyasa, E. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Permana, Jihar, D. K. (2018). Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Prastyo, A. T. (2019). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33).

Rizem, A. (2018). Mukjizat 13 Sunnah Harian Nabi. Yogyakarta: Safirah.

Sahlan, A. (2020). Religiusitas Perguruan TInggi: Potret Pengembangan Tradisi Keagamaan di Perguruan Tinggi Islam. UIN Maliki Press.

Saminudin. (2019). Peran Metode Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, 11(2).

Samsuri. (2019). Pendidikan Karakter Warga Negara. Diandra.

Simanjuntak, B. A., & Sosrodiharjo, S. (2018). Metode Peneltian Sosial. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Su’adah, U. S. (2021). Pendidikan Karakter Religius (Strategi tepat Pendidikan Agama Islam dengan Optimalisasi Masjid). CV. Global Aksara Press.

Sugiharto, R. (2018). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilah Kota. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Wardi, M. C. (2020). Potret Ibadah Para Pekerja. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Zain, A. A. (2018). Fiqih Shalat Terlengkap. Jakarta: PT. Laksana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.