PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Nafilah Nur Aini, Fitri Lubis

Abstract


The approach to islamic education is one of the most important aspects of education. Why is an approach to islamic education one of the most important aspects of education, so that teachers can deepen the knowledge of what needs to be considered when teaching is accomplished. As for the research methods used in this journal are qualitative methods. Qualitative methods stemming from descriptive sources that researches quote some documented letters, library research, and researcher also cite from the Qur’an and as-Sunnah at their point of reference as a reference source in approaches to islamic education.  And purpose of writing this journal is to dig deeper and more deeply related approaches in islamic education.


Full Text:

PDF

References


Abdah, m. g. (2019). ragam pendekatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. jurnal pendidikan dasar, 7.

Akmansyah, M. (2015). Al-Qur'an dan as-sunnah sebagai dasar ideal pendidikan islam. jurnal pengembangan masyarakat islam, vol.8 no.2.

Assingkily, M. S. (2021). Landasan operasional pendidikan islam. Dalam z. dahlan, Ilmu Pendidikan Islam (hal. 14). medan : penerbit k-media.

bila, U. H. (2018). teori ekologi brofeenbrener sebagai sebuah pendekatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan islam. jurnal komunikasi dan pendidikan islam , 152.

Danial Rahman, A. R. (2021). problematika yang dihadapi lembaga pendidikan islam sebagai tenatangan dalam meningktkan mutu pendidikan. jurnal of management education, 78.

Darwisyah, k. i. (2021). berfikir kesisteman dalam perencanaan dan pengembangan pendidikan islam. jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 229.

hasbullah. (2018). lingkungan pendidikan dalam Al-Qur'an dan hadist. jurnal keilmuan manajemen pendidikan, 5-12.

Herdiana, S. A. (2015, march 25). pendekatan dan metode pendidikan islam. pengertian dalam pendididkan islam, hal. 3.

La sahidin, R. R. (2018). problematika dan solusi pendidikan islam kontemporer. problematika pendidikan kontemporer, hal. 71.

Mahmud HR, L. v. (2017). Peran guru dalam mengatasi kesuliatan belajar siswa di SD Negri 10 Banda Aceh. jurnal ilmiah guru sekolah dasar, 131.

Mansir, F. (2018). pendekatan psikologi dalam kajian pendidikan islam. jurnal psikologi islami, 10.

Muhammad Jaka Samudra, Z. (2023). pendidikan adab dalam perspektif pemikiran imam an-nawawi dalam kitab at-tibyan fi adabi hamalatil qur'an. jurnal pendidikan indonesia, 34.

riana, h. (2019). prinsip-prinsip pendidikan islam, metode, pendekatan dan evaluasi pembelajaran. evaluasi dalam pembelajaran, hal. 10.

Rianie, N. (2015). Pendekatan dan Metode Pendidikan Islam. Jurnal: management of education, 107.

Silvia Febrianti, B. A. (2021). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minta belajar mahasiswa di masa pandemi. jurnal pendidikan islam, 55.

Tengku Sarina Aini, T. K. (2008). pendekatan individu dalam pengajaran pendidikan islam sebagai wahana melahirkan melahirkan modal insan bertamadun. jurnal ushuluddin , 148.

Wasebo, H. P. (2016). ilmu munasabah sebagai pendekatan pendidikan islam. jurnal studi agama dan budaya, 38.

Yulianto, D. (2013, december 11). pengertian pendekatan, strategi,metode,teknik,taktik dan model pembelajaran. pengertian pendekatan, hal. 1.

zailani. (2017). etika belajar dan mengajar . jurnal intiqad, 151.

zailani. (2019, oct 17). Spirituality and sekularity. spirituality and secularity : looking for integration format sciencefor contruction of islamic education curriculum, hal. 5.

zailani, s. p. (2016). berbagai pendekatan dalam pendidikan islam. Dalam ilmu pendidikan islam (hal. 88). medan: umsu press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.