PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SD NEGERI 050677 BASILAM BL

Sami'in Sami'in, Wahidah Wahidah, Rahmad Mulyadi

Abstract


Studi kasus ini berawal dari adanya pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa di SDN 050677 Basilam BL. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan  dengan metode angket, metode angket digunakan untuk mengambil data tentang kedua variable, yakni untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama dalam keluarga siswa dan kedisplinan beragama siswa. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Variable penelitian ini yaitu Pendidikan Agama Islam dalam keluarga sebagai variabel bebas dan kedisiplinan beribadah siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur pengaruh pendidikan agama Islam terhadap kedisiplinan beribadah siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga berpengaruh dengan representasi sebesar 45,2%. Sedangkan sisanya 54,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

Full Text:

PDF

References


Hasan Langgunung, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, (Bandung: Al- Ma’arif, 2001)

Hasbi Wahy, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, (Aceh: Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama IAIN Ar-Raniy, 2012)

Hikmat Ade, Kreatifitas, Kemampuan Membaca dan Kemampuan Apresiasi Cerpen (Jakarta: Uhamka Press, 2014)

Ibad S, Jurnal Tahdzibi Manajemen Pendidikan Islam Pengembangan Karakter Spiritual, (Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta, Mei 2018). volume 3 no 1 Jakarta: Ikhtiar

Jalaludin, Psikologi Agama, Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-prinsip Psikologi, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016)

Joni Adison, Peranan Keluarga Dalam Membentuk Kedisiplinan, (Sumatera Barat: Jurnal Inovasi Penelitian 2020) Vol 1 No 6

Junaid Ilham 2016, Analisis Data Kualitatif Dalam Penelitian Pariwisata, Politeknik Pariwisata Makassar,Jurnal Kepariwisataan Vol.10, No.01

Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam, Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim (Bandung: Remaja Rosdakarya 2006)

Rohidin, Penddikan Agama Islam Sebuah Pengantar, (Yogyakarta: FH UII Press 2018)

Rosaliza Mita, 2015 Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif, Staf Pengajar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, Jurnal Ilmu Budaya Vol.11.

Sarjono H dan Winda Julianita, SPSS VS LISREL, (Jakarta: Salemba, Empat, 2011),

Siti Khasinah, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, (Banda Aceh: Hakikat Manusia Menurut Pandangan Islam Dan Barat IAIN Ar-Raniry 2013) Hlm, 299

Sugiyono, 2015 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Unaradjan, Manajemen Disiplin. (Makasar: Grasindo, 2002)

Widi Restu Kartiko, 2010 Asas Metodologi Penelitian Sebuah Pengenalan dan Penuntun Langkah demi Langkah Pelaksaan Penelitian, Yogyakarta: Graha Ilmu

Zuriah Nurul, 2006 Metodologi Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.