PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SDN 058128 BESITANG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Pani Pani, Siti Awan

Abstract


Studi kasus ini berawal dari  metode diskusi yang dibuat oleh guru PAI agar melatih keterampilan public speaking siswa di SDN 058128. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Untuk sampel penelitian dilakukan menggunakan rumus slovin dengan margin eror 5%. Populasi dalam penelitian ini 205 siswa yang beragama Islam pada kelas 6 dengan sampel 135 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis ada pengaruh metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa diterima dengan nilai signifikansi 0,000. Tingkat penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam sebesar 0,870 atau 87,0 %. Dapat dijelaskan apabila penggunaan metode diskusi ditingkatkan maka diprediksi keterampilan berbicara siswa pun akan meningkat. Sebelum diterapkannya penggunaan metode diskusi, tingkat keterampilan berbicara siswa sebesar 5.034, artinya siswa memiliki keterampilan berbicara yang sangat rendah. Dan besar pengaruh metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa adalah cukup kuat (0,447 atau 44,7%) yang berada pada rentang (0,40- 0,599), sedangkan sisanya 55,3% dipengaruhi faktor lain. Adapun besar hubungan antara metode diskusi dengan keterampilan berbicara siswa adalah 0,668 atau 66,8%. Nilai R (0,668) yang berada pada rentang 0,60 - 0,799 dengan kategori kuat. Artinya terdapat hubungan yang kuat antara metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 6 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 058128.

Full Text:

PDF

References


Agustin, Mubiar. Dan Ryan Dwi Puspita. 2020. Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Sekolah Dasar (SD). Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 6 No 1.

Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama.

Amini, Siti Aisyah, 2020. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Mengaji Al-Quran Anak-Anak Di Desa Hutan Lombang Lubis Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Islam Riau. hlm 37.

Firmansyah, Muhammad Bayu. 2017. Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial. Vol. 8 No 2.

Hamid. 2011. Metode Edu Trainment. Jogjakarta: Diva Pres.

Hazbar, Asri. 2017, Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Pesantren Madani Pao- Pao Kabupaten Gowa, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ilham, Muhammad. Dan Iva Ani Wijiyati. 2020. Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa, Pasuruan: Lembaga Akademik. Pasuruan.

Iskandarwassid, & Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.

Marlina, Junita. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Makna Kedaulatan Rakyat. Jurnal Pendidikan.

Ningsih, Suwarti. 2018. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 2 No 4.

Paizaluddin, Ermalinda. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta. Priyatno, Dwi. 2014. SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi

Samani. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sari, Dian Purnama. 2017. Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Virus Kelas X Di SMA Negeri 5 Palembang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Simarmata, Mayuliastri, Dan Qoriyanti. 2017. Keterampilan Berbicara Menjadi Sebuah Profesi. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol. 6 No. 1.

Siyoto, Sandu, & Sodik, M. Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudaryono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudiyono. 2020. Metode Diskusi Kelompok Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Sukmadinata. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya. Supriyana, Asep. 2016. Hakikat Berbicara. Bandung: Alfabeta.

Tambak, Syahraini. 2014. 6 Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Taniredja, Tukiran. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.