Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 25 Medan

Henri Agustina, Alban Alban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penulis melakukan peneitian di SMP Negeri 25 Medan karena penulis melihat bahwa selama ini upaya guru PAI dalam memotivasi belajar siswa kurang maksimal sehingga hasil akhir pendidikan kurang memenuhi target. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang Upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMP Negeri 25 Medan secara objektif. Metode deskriptif bertujuan untuk mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang melukiskan gejala yang ada, mengidentifikasi masalah yang atau memelihara kondisi dan praktik - praktik yang berlaku. Dalam memperoleh data peneliti terjun langsung ke lokasi untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tekhnik sebagai berikut: Metode Observasi, Metode Interview, dan Metode Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya dalam memotivasi belajar siswa ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan oleh guru diantaranya: menggunakan metode mengajar bervariasi, menggunakan media, pemberian nilai, pemberian tugas, pemberian ulangan, pemberian pujian, pemberian hukuman. Usaha-usaha yang dilakukan guru diatas dapat merangsang siswa untuk belajar lebih giat dan sungguh-sungguh dalam belajar agar dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan harapan guru dan orang tua.


Full Text:

PDF

References


Alderfer C. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Delia Press.

Arifin. (2010). Kapita selekta pendidikan (Islam dan Umum). Bumi Aksara.

Arifin, M. (2012). Ilmu pendidikan Islam tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan inter liner. Bumi Aksara.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. DEPDIKBUD.

L Crow and A. Crow. (2011). Psychologi Pendidikan. Nur cahaya.

Lexy, J. M. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2009). Didaktikasas-asasmengajar. JEMMARS.

Noor Hs, M. (2010). Himpunan Istilah Psikologi. CV. Pedoman Ilmu Jaya.

Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. Rosda Karya.

W.S. Winkel SJ. (2009). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.